Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Edpuzzle Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas IX SMP

Oktaviani, Dika and Sabil, Husni and Junita, Ranisa (2025) Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Edpuzzle Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas IX SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (322kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (353kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Oktaviani, Dika. 2024. Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Edpuzzle Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas IX SMP. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Husni Sabil, M.Pd. (II) Ranisa Junita, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Video Pembelajaran, Edpuzzle, STEM, Berpikir Kritis, Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Muaro Jambi pada tanggal 21 November 2024. Penelitian ini bertujuan untuk memfasilitasi pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Muaro Jambi dengan adanya pengembangan video pembelajaran berbantuan edpuzzle bebasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation) Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dibuat memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta layak untuk dipakai. Uji kulaitas video pembelajaran menunjukkan hasil validasi materi sebesar 80% tergolong “cukup valid” dengan validasi desain sebesar 90% tergolong “sangat valid”. Presentase hasil uji praktikalitas guru yakni sebesar 88,88% tergolong “sangat praktis” dan presentase praktikalitas siswa yakni sebesar 89,13% dengan katagori “sangat praktis”. Presentase keefektifan melalui respon siswa yaitu sebesar 90,43% tergolong “sangat efektif” dengan nilai n-gain yang diperoleh sebesar 62% tergolong “sedang”. Hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa juga menunjukkan adanya peningkatan di setiap indikatornya, yaitu elementary clarification, basic support, strategy and tactics, advance clarification, serta inference.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Edpuzzle, STEM, Berpikir Kritis, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: DIKA OKTAVIANI
Date Deposited: 09 Jan 2025 03:09
Last Modified: 09 Jan 2025 03:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73871

Actions (login required)

View Item View Item