prihatini, anggun (2019) IDENTIFIKASI KESADARAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA ISLAM AL-FALAH JAMBI. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
IDENTIFIKASI KESADARAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA ISLAM AL.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
penesahan.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN.pdf Download (88kB) |
Abstract
Prihatini, Anggun. 2019. Identifikasi kesadaran metakognitif peserta didik kelas X MIA SMA Islam Al-Falah Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M. Hidayat, M.Pd., (II) Dr. Rendy Wikrama Wardana, M.Pd. Kata kunci: identifikasi, kesadaran metakognitif, peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesadaran metakognitif peserta didik kelas X MIA SMA Islam Al- Falah Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam AL- Falah Jambi pada tahun 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada peserta didik (sebagai data utama) dan wawancara dengan peserta didik (sebagai data penunjang). Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil pennelitian ini menunjukan kesadaran metakognitif peserta didik kelas X MIA SMA Islam Al- Falah Jambi tergolong baik pada pengetahuan metakognitif dan pengalaman atau regulasi metakognitif. Untuk pengetahuan metakognitif yang mencakup di dalamnya pengetahuan deklaratif (declarative knowledge) dengan presentase 70%, pengetahuan prosedural (procedural knowledge) dengan presentase 53,33%, dan pengetahuan kondisional (condicional knowledge) dengan presentase 60%, dan untuk pengalaman atau regulasi metakognitif pada kegiatan perencanaan (including planing) dengan presentase 60%, management informasi (information management strategies) dengan presentase 53,33%, pemantauan terhadap pemahaman (comprehention monitoring) dengan presentase 56,66%, strategi tindakan (debugging strategies) dengan presentase 53,33%, dan evaluasi (evaluating) dengan presentase 73,33%. Hal ini berarti peserta didik kelas X MIA SMA Islam Al- Falah Jambi dapat mengetahui tentang diri sebagai pelajar dan faktor-faktor yang mungkin berdampak kinerja, pengetahuan tentang strategi, dan pengetahuan tentang kapan dan mengapa menggunakan strategi yang paling tepat dan mampu menanggulangi kelemahan atau kekuranganya dalam belajar. Hal ini dapat memperkecil kesalahan peserta didik sehingga peserta didik bisa menyusun strategi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dalam pembelajaran. Sehingga menghasilkan sebuah proses pembelajaran yang berarti bagi peserta didik dan tecapainya tujuan pembelajaran dengan baik. Dari hasil penelitian ini disarankan guru dapat mengevaluasi cara mengajarnya kearah yang lebih baik supaya meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik di sekolah sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang lebih optimal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ANGGUN PRIHATINI |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 02:23 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 02:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |