Puspitasari, Diah Eka (2025) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pengukuran Panjang Dan Berat Siswa Kelas III Di SDN 80/1 Muara Bulian. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI DIAH E.P..pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (786kB) |
Abstract
ABSTRAK Diah Eka Puspita Sari. 2024. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pengukuran Panjang Dan Berat Siswa Kelas III di SDN 80/I Muara Bulian: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maryono, M. Pd., (II) Andi Gusmaulina Eka Putri, M. Pd., Kata kunci : Problem Based Learning, Matematika, Pengukuran dan Panjang. Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pengukuran Panjang Dan Berat Siswa Kelas III di SDN 80/I Muara Bulian. Penelitian ini dilakukan di SDN 80/I Muara Bulian 2024, Pada kelas III denagn subjek penelitianya adalah peserta didik kelas III dan guru kelas. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas (PTK), Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan Observasi, Wawancara dokumentasi dan tes Hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika, khususnya pada materi Pengukuran panjang dan berat dengan model Problem Based Learning di kelas III SD Negeri 80/I Muara Bulian. Penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa Model yang diterapkan secara bertahap mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dari siklus ke siklus. Dimana ditandai dengan pemerolehan hasil belajar yang meingkat dari siklus I pertemuan pertama pada kategori kurang yaitu 58%, siklus I pertemuan kedua kategori cukup dengan persentase 66%, meningkat menjadi kategori baik yakni 80% di pertemuan satu di siklus II, hingga akhirnya naik menjadi kategori sangat baik dan mendapat persentase rata-rata 95% di siklus II pada pertemuan kedua. Hal tersebut membuktikan model PBL yang diterapkan pada materi matematika materi pengukuran berat dan panjang mampu meningkatkan kemampuan peserta didik yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Matematika, Pengukuran dan Panjang. Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | PUSPITASARI |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 03:37 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 03:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73972 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |