PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN 182/1 HUTAN LINDUNG

Kurnia, Nazrida (2025) PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN 182/1 HUTAN LINDUNG. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (577kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI NAZRIDA KURNIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN..pdf

Download (837kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II SDN 182/1 Hutan Lindung dengan menerapkan model pembelajaran Example Non Example. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas II. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, serta analisis hasil belajar siswa dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan penilaian keterampilan menulis. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan menulis siswa. Pada siklus pertama, rata-rata keberhasilan siswa mencapai 65%, dan meningkat menjadi 85% pada siklus kedua. Selain itu, siswa menunjukkan motivasi belajar yang lebih tinggi, keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran, serta peningkatan dalam aspek kreativitas dan kepercayaan diri menulis. Model pembelajaran ini juga terbukti efektif dalam mengatasi kendala yang sebelumnya dialami guru, seperti kurangnya variasi metode pembelajaran dan minimnya keterlibatan siswa. Kesimpulannya, penerapan model Example Non Example terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran kalimat sederhana. Dengan demikian, model ini direkomendasikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Example non Example,keterampilan menulis,kalimat sederhana,pembelajaran bahasa indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: KURNIA
Date Deposited: 10 Jan 2025 02:43
Last Modified: 10 Jan 2025 02:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74009

Actions (login required)

View Item View Item