Fathu, Laila (2025) Penerapan Model Cycle Learning Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X IPS 2 SMA N 5 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Cycle Learning, Guided Inquiry, Pembelajaran Sejarah Pemasalahan pembelajaran sejarah yang ditemukan baik itu dari faktor eksternal maupun internal. Sistem pembelajaran sejarah dilakukan dengan sistem guru yang menjelaskan dan siswa yang mendengarkan, mencatat materi yang diberikan dan ada yang hanya memberikan tugas lalu dikumpulkan. Masalah pembelajaran sejarah selanjutnya yang ditemukan adalah siswa kurang memperhatikan guru dalam mengajar, buku-buku materi yang tidak ada dan juga mata pelajaran sejarah ini sering dibuat pada saat jam terakhir yang membuat siswa mengantuk dan metode yang sering digunakan adalah metode ceramah sehingga sistem pembelajaran seperti ini yang selalu dianggap monoton oleh siswa dan tidak menyukai pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunkan model Cycle Learning berbasis Guided Inquiry pada mata pembelajaran sejarah siswa kelas X IPS 2 SMA N Muaro Jambi dan efektivitas model Cycle Learning Berbasis Guided Inquiry yang telah diterapkan terhadap pembelajaran sejarah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian PTK dengan menggunakan model Cycle Learning yang memiliki langkah langkah yaitu: (1) Fase Exploration (Eksplorasi), (2) Fase Explain (Menjelaskan) ,(3) Fase Evaluate (Evaluasi), dan (4) Reflecting (refleksi),. Penelitian ini dilakukan dengan 3 tahapan yaitu Siklus I Siklus II dan Siklus III. Teknik analisis data menggunakan jenis data penelitian tindakan kelas (PTK). Data diperoleh dari observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan yaitu penerapan model pembelajaran Cycle Learning Berbasis Guided Inquiry yang telah diimplementasikan dalam pembelajaran sejarah dapat memperbaiki cara belajar siswa yang diharapkan mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran sejarah yang disampaikan oleh guru. Dapat dilihat setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model cycle learning berbasis guided inquiry maka terjadi peningkatan persentase motivasi belajar pada pembelajaran di setiap siklusnya, pada siklus I hanya 7 orang dengan ketuntasan 61% belum mencapai ketuntasan klasial 75% maka, dilanjutkan dengan siklus II meningkat menjadi 23 orang dengan ketuntasan 76% meningkat dari sebelumnya, sedangkan pada siklus III meningkat 30 orang dengan ketuntasan 81% dengan ketuntasan klasial 100%.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Cycle Learning, Guided Inquiry, Pembelajaran Sejarah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | FATHULAILA |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 02:12 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 02:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74012 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |