Pengembangan 3D Ethnomathematics E-Module Berbasis TPACK Terintegrasi Virtual Reality Konteks Budaya Jambi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA

Yulita, Yaiza (2024) Pengembangan 3D Ethnomathematics E-Module Berbasis TPACK Terintegrasi Virtual Reality Konteks Budaya Jambi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa ialah menyediakan media pembelajaran kontekstual yang disusun secara sistematis sesuai dengan indikator kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan 3D Ethnomathematics E-Module, mengetahui kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan penggunaan media pembelajaran 3D Ethnomathematics E-Module dalam konteks budaya Jambi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang melalui lima tahap yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAS Islam Al-Falah Kota Jambi tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan 3D Ethnomathematics E-Module dalam aspek desain sebesar 88% dan aspek materi sebesar 81,5% dalam kategori sangat valid. Selanjutnya, tingkat kepraktisan oleh guru sebesar 90%, tingkat kepraktisan kelompok kecil sebesar 86%, dan tingkat kepraktisan kelompok besar 81% dalam kategori sangat praktis, serta keefektifan untuk tes hasil belajar dari pemberian pretest sebesar 31% dan terjadinya peningkatan pada saat pemberian posttest sebesar 76% dengan skor N-Gain 0,6612 dengan kriteria sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajarn 3D Ethnomathematics E-Module layak digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. One of the efforts that can be made to improve students' problem-solving skills is to provide contextual learning media that are systematically arranged in accordance with problem-solving ability indicators. This study aims to determine the development process of 3D Ethnomathematics E-Module, determine the feasibility, practicality, and effectiveness of the use of 3D Ethnomathematics E-Module learning media in the context of Jambi culture in improving students' problem-solving skills. This development research uses the ADDIE development model which goes through five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subject of this study is a grade XI student of SMAS Islam Al-Falah Jambi City for the 2023/2024 school year. The results show that the feasibility level of 3D Ethnomathematics E-Module in the design aspect is 88% and the material aspect is 81.5% in the very valid category. Furthermore, the level of practicality by teachers was 90%, the level of practicality of small groups was 86%, and the level of practicality of large groups was 81% in the category of very practical, as well as the effectiveness of the learning outcome test from the provision of pretest was 31% and the increase at the time of giving the posttest was 76% with an N-Gain score of 0.6612 with moderate criteria. Thus, it can be concluded that the 3D learning media of Ethnomathematics E-Module is feasible to use and can improve students' problem-solving skills.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Budaya Jambi, 3D Ethnomathematics E-Module, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, TPACK, Virtual Reality
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yaiza Yulita
Date Deposited: 10 Jan 2025 08:03
Last Modified: 10 Jan 2025 08:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74113

Actions (login required)

View Item View Item