Surya, Sandi (2019) Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematika Pada Siswa Kelas VIII Tipe Ekstrovert Dalam pemecahan Masalah Matematika Di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi. Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematika Pada Siswa Kelas VIII Tipe Ekstrovert Dalam pemecahan Masalah Matematika Di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi.
![]() |
Text
3. HALAMAN JUDUL.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (746kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
7. BAB I.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
11. BAB V.pdf Download (37kB) |
Abstract
Kemampuan koneksi matematis merupakan bagian penting yang harus mendapatkan penekanan di setiap jenjang pendidikan. Pentingnya koneksi matematis bagi siswa diantaranya adalah keterkaitan antara konsep-konsep matematika yaitu berhubungan dengan matematika itu sendiri dan keterkaitan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari. Siswa dengan tipe kepribadian Ekstrovert lebih suka bertindak terlebih dahulu dari pada merenungkan, tidak suka dengan kegiatan yang membutuhkan waktu yang lama dan tidak banyak pertimbangan. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa tipe kepribadian Ekstrovert dalam menyelesaikan soal pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah empat orang siswa tipe kepribadian Ekstrovert di kelas VIII A tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar soal koneksi matematis materi teorema Pythagoras dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa tipe kepribadian Ekstrovert masih rendah. Hasil dari pekerjaan siswa tipe kepribadian Ekstrovert dalam menyelesaikan soal, hanya satu siswa yang memenuhi dua dari tiga indikator kemampuan koneksi matematis. Satu siswa memenuhi satu dari tiga indicator kemampuan koneksi matematika Dua siswa lainnya tidak memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan koneksi siswa tipe Ekstrovert yaitu siswa tipe Ekstrovert belum jelas menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan ketika menyelesaikan soal, serta siswa yang menguasai konsep matematika tidak dengan sendirinya pintar dalam mengoneksikan matematika.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SANDI SURYA WIJAYA |
Date Deposited: | 29 Mar 2019 02:49 |
Last Modified: | 29 Mar 2019 02:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7414 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |