Kiranti, Rts. Putri (2025) Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan di SMA N 11 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
HAL PENGESAHAN.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI RTS. PUTRI KIRANTI_A1D519038 - FIX REVISI SIDANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kiranti, Rts. Putri. 2024. Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan di SMA N 11 Muaro Jambi: Skripsi, program studi administrasi Pendidikan, jurusan ilmu Pendidikan, fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan, universitas jambi. Pembimbing (I) Ferdiaz Saudagar, S.Pd., M.Pd. (II) Dr. Robi Hendra, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pemanfaatan sarana dan prasarana, mutu layanan pendidikan, Total Quality Management (TQM), evaluasi fasilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan sarana dan prasarana di SMA N 11 Muaro Jambi dalam upaya meningkatkan mutu layanan pendidikan, dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan analisis dokumen yang relevan dengan pengelolaan fasilitas sekolah. Teknik analisis data dilakukan dengan mengelompokkan informasi dari wawancara dan dokumen untuk menghasilkan temuan yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan fasilitas di SMA N 11 Muaro Jambi sudah cukup baik, namun masih terdapat beberapa aspek yang belum optimal, dengan pemeliharaan yang dilakukan hanya pada saat terjadi kerusakan dan tanpa adanya sistem evaluasi formal yang melibatkan seluruh elemen sekolah. Peningkatan mutu layanan sarana dan prasarana juga masih mengalami hambatan dimana sistem evaluasi belum sistematis, belum memiliki alat ukur yang konkret dan keterbatasan keterlibatan seluruh elemen sekolah termasuk siswa dan orang tua siswa. Selain itu faktor penghambat utama adalah kurangnya pelatihan manajemen fasilitas bagi guru dan staff. Dari hasil penelitian ini disarankan agar sistem evaluasi formal diterapkan dengan alat ukur objektif, peningkatan keterlibatan stakeholder eksternal dalam perencanaan fasilitas, dan pelatihan khusus bagi guru dan staf dalam manajemen fasilitas. Dengan implementasi TQM yang lebih menyeluruh, diharapkan kualitas layanan pendidikan di SMA N 11 Muaro Jambi dapat meningkat secara berkelanjutan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan sarana dan prasarana, mutu layanan pendidikan, Total Quality Management (TQM), evaluasi fasilitas. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | KIRANTI |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 07:30 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 07:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |