Nirmala, Driya (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Creative Problem Solving Menggunakan Web Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
|
Text
Abstrak.pdf Download (219kB) |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (378kB) |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (223kB) |
|
|
Text
Cover.pdf Download (208kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (230kB) |
|
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (192kB) |
|
|
Text
SKRIPSI FULL Driya Nirmala.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa di SMP Negeri 16 Kota Jambi, hak ini didasari atas pernyataan pendidik saat dilakukan wawancara oleh peneliti bahwa kurang maksimalnya pemanfaatan media pembelajaran maupun model pembelajaran yang digunakan saat belajar. Selain dilakukan wawancara, dilakukan juga tes kemampuan literasi matematis terhadap siswa. Terbukti bahwa kemampuan literasi matematis siswa masih rendah. Kemampuan literasi matematis siswa dapat ditingkatkan salah satunya melalui rancangan pembelajaran yang menerapkan media pembelajaran berbasis Model Creative Problem Solving menggunakan web google sites. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kualitas produk berupa media pembelajaran berbasis Creative Problem Solving menggunakan web google sites untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa pada materi statistika kelas VIII SMP. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), and Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah dosen pendidikan matematika Universitas Jambi sebagai tim ahli yang terdiri dari ahli materi dan desain, guru matematika kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Jambi pada uji coba perorangan, serta seluruh siswa kelas VIII K yang berjumlah 29 orang siswa pada uji coba lapangan. Media pembelajaran berbasis Creative Problem Solving didesain dengan menggunakan web google sites, isi di dalamnya memuat materi statistika kelas VIII SMP, video pembelajaran yang berkaitan dengan materi statistika, kegiatan siswa berdasarkan langkah model CPS, serta latihan soal untuk memantapkan pemahaman siswa. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media berbasis yang didesain telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil tingkat kevalidan dari segi materi adalah sebesar 83,33% dengan kategori sangat valid, dan untuk aspek desain sebesar 92,63%. Persentase pada tingkat kepraktisan yang diperoleh dari guru adalah 96,52% dengan kategori sangat praktis, sementara dari siswa diperoleh persentase 90,74% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan angket efektivitas oleh siswa, diperoleh persentase sebesar 86,20% dengan kategori sangat efektif. Tingkat keefektifan juga dilihat dari hasil tes kemampuan literasi matematis siswa, dimana hasil pretest menunjukkan rata-rata skor sebesar 19,92 dengan kategori sangat rendah. Setelah pembelajaran menggunakan media berbasis CPS melalui web google sites, hasil posttest meningkat dengan rata-rata skor sebesar 70,19 yang masuk dalam kategori sedang. Hasil perhitungan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,63 menunjukkan peningkatan dalam kategori sedang. Dalam bentuk persentase, efektivitas skor N-Gain mencapai 63,23%, yang berada dalam kategori “Cukup Efektif”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis creative problem solving menggunakan web google sites dapat efektif mengembangkan kemampuan literasi matematis siswa.
| Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Creative Problem Solving (CPS), Web Google Sites, Literasi Matematis |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | NIRMALA |
| Date Deposited: | 14 Jan 2025 06:50 |
| Last Modified: | 14 Jan 2025 06:50 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74444 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
