Alfarisy, M. Ilham (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MATERI TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BATANG HARI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
HAL PENGESAHAN.pdf Download (592kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI M. ILHAM ALFARISY (A1B119012).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Alfarisy, Ilham.M. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Materi Teks Persuasif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Batang Hari. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dra. Hj. Yusra D,. M.Pd. (II) Arum Gati Ningsih, M.Pd. Kata Kunci: model pembelajaran berbasis proyek, teks persuasif Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Batang Hari. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Batang Hari pada bulan Juli-Agustus 2024. Subjek dari penelitian ini yakni guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII dan peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 7 Batang Hari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Data yang diproleh dari penelitian ini berupa hasil observasi dan hasil wawancara bersama guru dan peserta didik tentang proses pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek, serta hasil dokumentasi pada saat pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian yang diproleh dari penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Batang Hari terlaksana sesuai dengan RPP yang telah di rancang dengan menggunakan enam langkah yang dikemukakan yaitu: (1) penentuan pertanyaan mendasar, (2) mendesain perencanaan proyek, (3) menyusun jadwal, (4) memonitor peserta didik dan kemajuan proyek, (5) menguji hasil, serta (6) mengevaluasi pengalaman. Pembelajaran dengan berbasis proyek membuahkan hasil yang mana meningkatkan siswa dalam motivasi belajar, mengembangkan keterampilan, menumbuhkan rasa tanggung jawab dan meningkatkan kreativitas siswa. Adapun hasil akhir yang telah dilaksanakan yaitu berupa proyek menulis teks persuasif. Pelaksanaan penelitian ini memiliki gambaran untuk memberikan pemahaman pada penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi teks persuasif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran berbasis proyek, teks persuasif |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Alfarisy |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 06:40 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 06:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74516 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |