FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGELUARAN PENGGUNA E-COMMERCE DI KOTA JAMBI

Rakhmawati, Desy (2025) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGELUARAN PENGGUNA E-COMMERCE DI KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL SKRIPSI - DESY RAKHMAWATI C1A018052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER - DESY RAKHMAWATI (C1A018052).pdf

Download (35kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN - DESY RAKHMAWATI (C1A018052).pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK - DESY RAKHMAWATI (C1A018052).pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB I - DESY RAKHMAWATI (C1A018052).pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB VI - DESY RAKHMAWATI (C1A018052).pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - DESY RAKHMAWATI (C1A018052).pdf

Download (124kB)

Abstract

ABSTRAK Judul penelitian ini adalah "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengeluaran Pengguna E-commerce di Kota Jambi." Studi ini bertujuan 1) Untuk mengetahui karakteristik sosial-ekonomi pengguna e-commerce di Kota Jambi. 2) Untuk mengetahui pengaruh pendapatan, lama pendidikan formal, jenis kelamin, dan status pekerjaan terhadap pengeluaran pengguna e-commerce di Kota Jambi. Studi ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif, mengumpulkan data melalui kuesioner secara langsung dan secara online menggunakan google form. Karena ukuran populasi dalam studi ini tidak diketahui, pengambilan sampel menggunakan rumus Lameshow dan teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik Proportional Random Sampling. Studi ini mencakup pengguna e-commerce yang telah menggunakan e-commerce di Kota Jambi setidaknya sekali, dengan ukuran sampel sebanyak 100. Menggunakan aplikasi SPSS 25, regresi linier berganda dengan variabel dummy. Berdasarkan hasil regresi linier berganda dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa variabel pendapatan dan lama pendidikan formal secara signifikan mempengaruhi pengeluaran pengguna e-commerce, sementara variabel jenis kelamin memiliki nilai 0.124 dengan nilai sig. 0.002 < 0.05, yang berarti bahwa variabel jenis kelamin perempuan memiliki pengeluaran yang lebih besar pada e-commerce dibandingkan dengan jenis kelamin laki-laki. Variabel status pekerjaan memiliki nilai -0,147 dengan nilai sig. 0,002 < 0,05, yang berarti bahwa variabel status pekerjaan bagi mereka yang bekerja memiliki pengeluaran yang lebih rendah pada e-commerce dibandingkan dengan yang tidak bekerja. Semua variabel dalam penelitian ini, yaitu pendapatan, lama pendidikan formal, jenis kelamin, dan status pekerjaan, secara bersamaan memiliki pengaruh signifikan terhadap pengeluaran pengguna e-commerce di Kota Jambi. Kata Kunci: Pendapatan, Lama Pendidikan Formal, Jenis Kelamin, Status Pekerjaan, Pengeluaran Pengguna E-commerce, Regresi Linier Berganda. ABSTRACT The title of this study is "Factors Affecting E-commerce User Expenditure in Jambi City." This study aims to 1) Determine the socio-economic characteristics of e-commerce users in Jambi City. 2) Determine the effect of income, length of formal education, gender, and employment status on e-commerce user expenditure in Jambi City. This study uses a quantitative descriptive analysis method, collecting data through questionnaires directly and online using google form. Because the population size in this study is unknown, sampling uses the Lameshow formula and the sampling technique used in this study is the Proportional Random Sampling technique. This study includes e-commerce users who have used e-commerce in Jambi City at least once, with a sample size of 100. Using the SPSS 25 application, multiple linear regression with dummy variables. Based on the results of multiple linear regression in this study, it shows that the variables of income and length of formal education significantly affect the expenditure of e-commerce users, while the gender variable has a value of 0.124 with a sig. value of 0.002 <0.05, which means that the female gender variable has a greater expenditure on e-commerce compared to the male gender. The employment status variable has a value of -0.147 with a sig. value of 0.002 <0.05, which means that the employment status variable for those who work has a lower expenditure on e-commerce compared to those who do not work. All variables in this study, namely income, length of formal education, gender, and employment status, simultaneously have a significant influence on the expenditure of e-commerce users in Jambi City. Keywords: Income, Length of Formal Education, Gender, Employment Status, E-commerce User Expenditure, Multiple Linear Regression.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: RAKHMAWATI
Date Deposited: 15 Jan 2025 03:24
Last Modified: 15 Jan 2025 03:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74595

Actions (login required)

View Item View Item