FEBRIANTI, RIMA SUKMA (2025) EFEKTIVITAS SISTEM ONLINE SINGLE SUBMISSION RISK BASED APPROACH PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (STUDI KASUS PADA PELAYANAN PERIZINAN UMKM DI KOTA JAMBI). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
skripsi_RimaSukmaF_H1A120092_full.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
skripsi_rimasukma_lembar pengesahan.pdf Download (562kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat, terutama dengan keberadaan internet, telah mengubah secara signifikan kehidupan masyarakat saat ini. Salah satu pemanfaatan perkembangan teknologi adalah penggunaan teknologi sistem digital pada pelayanan publik, berupa Perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS) yang telah diperbarui menjadi sistem perizinan berbasis risiko atau Perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission Risk-Based Approach (OSS-RBA) pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi sistem OSS RBA dalam memberikan pelayanan masyarakat pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada Pelayanan Perizinan UMKM di Kota Jambi dan menganalisis efektivitas pelayanan sistem OSS-RBA tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, implementasi sistem OSS RBA RBA dalam Memberikan Pelayanan Masyarakat pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada Pelayanan Perizinan UMKM di Kota Jambi melibatkan beberapa aspek penting, yakni peran pihak DPMPTSP dalam memproses dan menganalisis risiko usaha, melayani dengan “jemput bola”, dan pengawasan; penyediaan sarana dan prasarana penunjang; serta memberikan sosialisasi pada masyarakat. implementasi tersebut menghadapi kendala berupa kendala sistem yang eror dari pemerintah pusat sehingga menghambat proses perizinan, serta minimnya kemampuan IPTEK masyarakat. Implementasi OSS-RBA tersebut merupakan Langkah positif dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan. Kedua, pengukuran efektivitas pelayanan sistem OSS-RBA mengguanakan teori DeLone & McLean (2003) menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelayanan sistem OSS-RBA pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada Pelayanan Perizinan UMKM di Kota Jambi dinilai sudah efektif karena mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan pengguna, tampilan yang sederhana, pelayanan daring dan luring yang baik, serta status pengajuan proses perizinan yang dapat dipantau secara real time. Kata Kunci: Efektifitas, Implementasi, DPMPTSP, OSS-RBA
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, Implementasi, DPMPTSP, OSS-RBA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | FEBRIANTI |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 04:01 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 04:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74671 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |