Yudah, M. Sandi and Khalik, Idham and SARI, NOVITA (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI USAHA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA USAHA PT. ELEVEN KOMPUTER KOTA JAMBI. Syntax Literate, 8 (4). ISSN 2541-0849
![]() |
Text
Artikel_Botak Racing.pdf - Submitted Version Download (368kB) |
Abstract
Peneliti melakukan penelitian di Toko Eleven Komputer Jambi yaitu toko yang menyediakan servis jasa perbaikan dan penjualan baik software maupun hardaware komputer. Dikarenakan bisnis wirausaha yang bergerak dibidang jasa belakangan ini makin berkembang pesat keberadaannya dan kian menjamur hampir di seluruh penjuru Kota, tidak terkecuali di Kota Jambi. Meningkatnya jumlah usaha ini tidak lepas dari perkembangan teknologi yang beriringan dengan kebutuhan masyarakat dalam penggunaan komputer untuk fasilitas penunjang berbagai aktivitas. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan eksplanatoris. Dimana penelitian ini digunakan untuk mengetahui tentang pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi usaha terhadap keunggulan bersaing pada usaha PT. Eleven Komputer Kota Jambi. Adapun data penelitian merupakan data Primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, kepustakaan, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik dan ekonometrika metode regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi program SPSS statistic Ver.24.00 for windows. Dengan jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 82 orang sebagai responden. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji-F variabel kualitas pelayanan dan lokasi usaha secara simultan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing PT. Eleven Komputer Kota Jambi. Sedangkan berdasarkan hasil uji-t secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing PT. Eleven Komputer Kota Jambi dan berdasarkan hasil uji-t secara parsial variabel lokasi usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing PT. Eleven Komputer Kota Jambi. Adapun hasil analisis koefisien determinasi dari seluruh variabel diperoleh nilai sebesar 0,333. Artinya variabel keunggulan bersaing dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan lokasi usaha sebesar 33,3% sedangkan sisanya sebesar 66,7 persen dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar daripada penelitian ini.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | YUDAH |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 01:14 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 01:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74864 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |