Indentifikasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Busy Book di TK Kasih Ibu Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi

Fitriana, Dita Dwi (2024) Indentifikasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Busy Book di TK Kasih Ibu Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I Latar Belakang.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan.pdf

Download (151kB)
[img] Text
COVER .pdf

Download (21kB)
[img] Text
NEW SKRIPSI DITA DWI FITRIANA 082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Pengesahan.pdf

Download (398kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dita Dwi Fitriana. 2025. Identifikasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Busy Book Di Tk Kasih Ibu Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd.I., (II) Winda Sherly Utami, M.Pd. Kata Kunci : Identifikasi, Media Busy Book, Membaca Permulaan Berdasarkan hasil pengamatan di TK Kasih Ibu Sungai Bahar menujukan bahwa terdapat kemampuan membaca permulaannya belum sesuai harapan. Lambat dalam mengenali huruf dan bunyi, beberapa anak memerlukan waktu lebih lama untuk mengenali huruf-huruf dan bunyi yang terkait. Mereka kesulitan dalam mengingat nama huruf, bunyi yang dihasilkan, atau koneksi antara huruf dan bunyi tersebut. Hal ini dapat membuat proses membaca menjadi lambat dan terputus. Oleh karena itu, perlu adanya usaha untuk memberikan media yang menarik dan mendukung dalam pembelajaran membaca permulaan kepada anak usia 5-6 tahun di TK Kasih Ibu Sungai Bahar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Kasih Ibu. Media yang akan diberikan adalah media Busy Book, media Busy Book yang dimaksud adalah membuat buku yang berisi gambar dan membuat alfabet dari A-Z. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan memperoleh hasil pengolahan data pada indikator 1 yaitu memperoleh hasil 75% untuk kategori mulai berkembang, pada indikator 2 yaitu memperoleh hasil 95% untuk kategori mulai berkembang, pada indikator 3 memperoleh hasil 66% untuk kategori mulai berkembang, pada indikator 4 memperoleh hasil 58% untuk kategori mulai berkembang dan pada indikator 5 memperoleh hasil 66% untuk kategori mulai berkembang. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan melalui media Busy Book anak usia 5-6 tahun di TK Kasih Ibu Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi dikategorikan Mulai Berkembang.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: FITRIANA
Date Deposited: 07 Feb 2025 02:33
Last Modified: 07 Feb 2025 02:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75340

Actions (login required)

View Item View Item