Kurnia Utami, Nur Azizah (2025) Resiliensi Akademik Siswa Broken Home Di SMP Negeri 10 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
4 BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (797kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (541kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TAMI PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHANAN SKRIPSI.pdf Download (121kB) |
Abstract
Resiliensi akademik merupakan sebuah proses dinamis yang mencerminkan kekuatan dan ketangguhan seorang siswa untuk bangkit dari pengalaman emosional negatif saat menghadapi situasi sulit yang menekan dalam aktivitas belajar yang dilakukan. Sedangkan resiliensi akademik siswa broken home diartikan sebagai bentuk bertahan dan ketangguhan siswa dalam menghadapi suatu kondisi yang menekan dan kemudian siswa mampu bangkit dari masalah yang terjadi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk dukungan sosial resiliensi akademik siswa yang berlatar belakang dari keluarga broken home di SMP Negeri 10 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 2 orang dan informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data serta triangulasi data sebagai teknik analisis data dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berlatar belakang dari keluarga broken home di SMP Negeri 10 Kota Jambi sudah memiliki bentuk resiliensi akademik pada dirinya yang dalam hal ini didorong oleh adanya dukungan sosial dari lingkungan sekolah. Siswa tidak lagi berlarut-larut atas masalah yang terjadi dengan sesekali bercerita dengan teman, dan siswa mampu mengusahakan dirinya lebih baik dari sebelumnya yang dalam hal ini dapat dilihat dari prestasi yang diraih selama disekolah serta kegiatan ekstrakulikuler yang diikuti siswa selama disekolah dengan hal tersebut membuat siswa mampu berkembang dan memiliki tujuan cita-cita masa depan. Kata Kunci: Resiliensi Akademik, Siswa, Broken Home Academic resilience is a dynamic process that reflects the strength and resilience of a student to recover from experience negative emotions when facing difficult situations that are stressful in activities learning is done. Meanwhile, the academic resilience of broken home students interpreted as a form of student resilience and resilience in facing a stressful condition and then students are able to rise from the problem that happened. The aim of this research is to describe what forms of support exist social academic resilience of students from broken home backgrounds at SMP Negeri 10 Jambi City. This research uses this type of research qualitative with a case study approach. Deep sampling technique This research uses a purposive sampling technique. Participant in There were 2 people in this study and there were 6 informants in this study person. Using observation, interviews and documentation methods as a data collection tool and data triangulation as a data analysis technique in this research. The research results show that students with backgrounds from The broken home family at SMP Negeri 10 Jambi City already has a form academic resilience in itself which in this case is driven by existence social support from the school environment. Students no longer drag themselves over problems that occur by occasionally telling stories with friends, and students are able trying to be better than before, which can be seen in this case from the achievements achieved during school and extracurricular activities followed by students while at school, this makes students capable develop and have goals for the future. Keywords: Academic Resilience, Students, Broken Home
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Resiliensi Akademik, Siswa, Broken Home |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | utami |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 06:37 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 06:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |