Alfiansyah, Ramdhani (2025) Pengaruh Penggunaan Gadget dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Adhyaksa 1 Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAAN.pdf Download (181kB) |
Abstract
Alfiansyah, Ramdhani. 2024. Pengaruh Penggunaan Gadget Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Xi Di SMA Adhyaksa 1 Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dra. Refnida, M. E. (2) Novia Sri Dwijayanti, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci : Penggunaan Gadget, Lingkungan Teman Sebaya, Minat Belajar. Penelitian ini dilatar belakang oleh siswa kelas XI SMA Adyaksa 1 Jambi yang penggunaan gadget dan lingkungan teman sebaya tinggi tetapi minat belajar belum cukup tinggi. Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh setiap variabel yaitu penggunaan gadget dan lingkungan teman sebaya terhadap minat belajar siswa kelas XI di SMA Adhyaksa 1 Jambi. Penelitian dilakukan di SMA Adyaksa 1 Jambi November 2024. Penelitian ini merupakan kuantitatif deskriptif alat pengumpulan data Menggunakan angket melalui google from yang disebar pada grup whatsApp siswa dengan sampel sebanyak 105 siswa. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji analisis berganda, uji rank spearman dan uji kolerasi nerganda. Hasil penelitian terdapat Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan gadget dan lingkungan teman sebaya terhadap minat belajar siswa kelas XI di SMA Adyaksa 1 Jambi. Berdasarkan correlation coefficient, ditemukan bahwa penggunaan gadget (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat belajar (Y) dengan nilai sebesar 0,607 dan nilai signifikan 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan gadget berperan penting dalam meningkatkan minat belajar siswa. Sementara itu, Lingkungan Teman Sebaya (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Belajar (Y) dengan nilai sebesar, dengan thitung sebesar 0,291 dan nilai signifikan 0,003. Kesimpulan ini menunjukkan secara langsung berperan penting dalam meningkatkan minat belajar. Temuan ini menegaskan pentingnya kombinasi faktor penggunaan gadget dan lingkungan teman sebaya dalam menentukan minat belajar siswa. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pembuat kebijakan dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan minat belajar siswa yang dimiliki.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Gadget, Lingkungan Teman Sebaya, Minat Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Alfiansyah |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 07:21 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 07:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |