Febrika, Agnes (2025) Kesulitan Guru Dalam Pemanfaatan Fitur Komunitas Belajar Pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) Di SDN 182/1 Hutan Lindung. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (710kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan fitur komunitas belajar pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan mengidentifikasi kesulitan yang dihadapi guru dalam mengakses dan memanfaatkan fitur tersebut di SDN 182/1 Hutan Lindung. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 182/1 Hutan Lindung pada semester ganjir tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru kelas IV, V, dan VI. Uji validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan fitur komunitas belajar pada PMM masih rendah. Guru hanya memanfaatkan fitur ini pada tahap awal, seperti bergabung dalam komunitas atau mengikuti satu kegiatan tertentu, tetapi tidak ada keberlanjutan dalam penggunaannya. Aktivitas di komunitas belajar lebih cenderung terbatas karena guru lebih sering menggunakan fitur lain, seperti pelatihan mandiri dan perangkat ajar, yang dianggap lebih relevan untuk mendukung tugas harian mereka. Selain itu, kurangnya kebiasaan rutin dalam mengakses fitur ini juga menjadi penyebab minimnya pemanfaatan. Adapun kesulitan yang dihadapi guru dalam mengakses dan memanfaatkan fitur komunitas belajar meliputi beberapa aspek. Keterbatasan keterampilan teknologi menyebabkan guru mengalami kesulitan dalam navigasi antarmuka PMM. beban kerja yang tinggi membuat guru kesulitan membagi waktu untuk mengeksplorasi fitur seperti komunitas belajar. Rendahnya motivasi guru untuk berpartisipasi aktif dipengaruhi oleh kurangnya dukungan dari lingkungan sekolah dan keterbatasan fasilitas pendukung. Abstract This study aims to describe the utilization of the learning community feature on the Merdeka Mengajar Platform (PMM) and identify the challenges faced by teachers in accessing and using this feature at SDN 182/1 Hutan Lindung. The research was conducted at SDN 182/1 Hutan Lindung during the odd semester of the 2024/2025 academic year. A qualitative method with a case study approach was employed. Data were collected through interviews, observations, and documentation involving teachers of grades IV, V, and VI. The validity of the data was tested using triangulation of techniques, sources, and time. The findings indicate that the use of the learning community feature on PMM is still low. Teachers only utilized this feature at the initial stages, such as joining a community or participating in one specific activity, but there was no continuity in its use. Activities within the learning community were limited because teachers more frequently used other features, such as self-training and teaching tools, which were considered more relevant to supporting their daily tasks. Additionally, the lack of routine habits in accessing this feature also contributed to its limited use. The challenges faced by teachers in accessing and utilizing the learning community feature include several aspects. Limited technological skills caused difficulties in navigating the PMM interface. High workloads made it challenging for teachers to allocate time to explore features like the learning community. Low teacher motivation to actively participate was influenced by the lack of support from the school environment and limited supporting facilities.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Platform Merdeka Mengajar, Komunitas Belajar, Kesulitan Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | PEBRIKA |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 02:41 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 02:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75494 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |