PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VIDEO ANIMASI BERBANTUAN APPS INSHOT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS I SEKOLAH DASAR

Zahara, Farikha Dhea (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VIDEO ANIMASI BERBANTUAN APPS INSHOT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS I SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (614kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Zahara, Farikha Dhea. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Video Animasi Berbantuan Apps Inshot Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Kelas I Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D. (II) Risdalina S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Video Animasi, Apps Inshot Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prosedur Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbantuan Apps Inshot Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Kelas I Sekolah Dasar., (2) untuk mengetahui kevalidan dari Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbantuan Apps Inshot Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Kelas I Sekolah Dasar., (3) untuk mengetahui kepraktisan dari Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Video Animasi Berbantuan Apps Inshot Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Kelas I Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini mengumpulkan dua jenis data, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data diperoleh dari validator, guru, dan peserta didik. Data kualitatif didapatkan dari komentar dan saran perbaikan yang diberikan oleh validator, guru, dan peserta didik, sementara data kuantitatif diperoleh melalui angket validasi yang diisi oleh ahli materi, media, dan bahasa, serta angket yang diberikan kepada praktisi dan respon peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 182/1 Hutan Lindung. Hasil penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran interaktif video animasi berbantuan apps inshot pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas I sekolah dasar. Validasi materi memperoleh skor rata-rata 5,00 yang termasuk dalam kategori sangat valid. Validasi media mendapatkan skor rata-rata 4,72 yang juga masuk dalam kategori sangat valid. Validasi bahasa memperoleh skor rata-rata 4,50 yang masuk dalam kategori sangat valid. Penilaian kepraktisan dari guru melalui angket menghasilkan skor rata-rata 4,78 yang masuk dalam kategori sangat praktis. Tanggapan peserta didik pada uji coba kelompok kecil menunjukkan skor rata-rata 4,81 yang juga termasuk dalam kategori sangat praktis, sementara tanggapan pada uji coba kelompok besar melalui angket respon memperoleh skor rata-rata 4,72 yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif video animasi berbantuan apps inshot pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas I sekolah dasar sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Video Animasi, Apps Inshot
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Zahara
Date Deposited: 20 Feb 2025 06:35
Last Modified: 20 Feb 2025 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75565

Actions (login required)

View Item View Item