Nur, Misbah Chuddin (2025) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis STEM berbantuan Articulate Storyline 3 pada Materi Ikatan Kimia Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI MISBAH CHUDDIN NUR (A1C121028).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
abstrak misbah.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
Pengesahan.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
cover (2).pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
dafatar pustaka.pdf Download (196kB) |
Abstract
Nur, Misbah Chuddin. 2025. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis STEM berbantuan Articulate Storyline 3 pada Materi Ikatan Kimia Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA: Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Dra. Zurweni, M.Si. (II) Firdiawan Ekaputra, M.Pd. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, STEM, Articulate Storyline 3, Berpikir Kritis, Ikatan Kimia. Multimedia interaktif adalah gabungan berbagai jenis media yang berupa teks, gambar, video dan animasi serta dilengkapi alat pengontrol yang bisa dioperasikan oleh user sehingga pengguna bisa memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan, kelayakan, penilaian guru dan respon peserta didik terhadap multimedia interaktif berbasis STEM berbantuan Articulate Storyline 3 berorientasi kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ikatan kimia yang dikembangkan. Proses pengembangan produk dalam penelitian ini mengikuti tahapan dalam model pengembangan Lee and Owens yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket. Hasil pengembangan produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah itu media dinilai oleh guru serta diuji cobakan secara one to one dan kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini bahwa multimedia interaktif berbasis STEM berbantuan Articulate Storyline 3 berorientasi berpikir kritis layak secara konseptual dan prosedural berdasarkan ahli materi memperoleh persentase sebesar 83%, ahli media dengan persentase 100%, penilaian guru dengan persentase 88%, uji one to one dengan persentase 90%, dan dari respon siswa memiliki persentase 91,3%. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis STEM berbantuan Articulate Storyline 3 berorientasi berpikir kritis sudah memenuhi semua tahapan pengembangan sampai uji coba kelompok kecil/small group dengan hasil sangat baik. Penelitian berikutnya dapat dilanjutkan untuk uji coba lapangan (Field Trial).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, STEM, Articulate Storyline 3, Berpikir Kritis, Ikatan Kimia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 02:48 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 02:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |