Rismayani, Risha (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA DENGAN MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI EKOSISTEM YANG HARMONIS KELAS V SD. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Rismayani, Risha. 2025. Pengembangan E-Modul Berbasis Canva dengan Mengintegrasikan Teknologi Augmented Reality (AR) pada Materi Ekosistem yang Harmonis Kelas V SD: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Prof. Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D. Pembimbing II Risdalina, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : E-Modul, Canva, Augmented Reality (AR) Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsi prosedur pengembangan e-modul berbasis canva dengan mengintegrasikan teknologi augmented reality (AR) pada materi ekosistem yang harmonis kelas V SD. Mendeskripsikan validitas produk pengembangan e-modul berbasis canva dengan mengintegrasikan teknologi augmented reality (AR) pada materi ekosistem yang harmonis kelas V SD. Mendeskripsikan kepraktisan produk pengembangan e-modul berbasis canva dengan mengintegrasikan teknologi augmented reality (AR) pada materi ekosistem yang harmonis kelas V SD. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan bantuan model pengembangan ADDIE (analize, design, development, implementation, and evaluation). Data penelitian berupa kualitatif dan kuantitatif, dengan data kualitatif berupa hasil observasi dan wawancara. Data kuatitatif berupa nilai rata-rata atau skor dari hasil validator produk serta angket penilaian dan kepratisan guru dan siswa. Penelitian dilakukan di SD Negeri 186/I Sridadi. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa e-modul berbasis canva dengan mengitegrasikan teknologi augmented reality (AR) pada materi ekosistem yng harmonis kelas V SD, validasi desain memperoleh skor 4,85 dengan kategori sangat valid, validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,86 dengan kategori sangat valid, validasi media memperoleh skor rata-rata 4,77 dengan kategori sangat valid dan hasil validasi bahasa diperoleh skor rata-rata 4,3 dengan kategori sangat valid. Adapaun hasil angket penilaian guru diperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori sangat praktis, hasil angket respon peserta didik uji coba kelompok kecil di peroleh skor rata-rata 4,98 dan kelompok besar diperoleh skor rata-rata 4,95 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis canva dengan mengitegrasikan teknologi augmented reality (AR) pada materi ekosistem yng harmonis kelas V SD sangat valid dan praktis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Canva, Augmented Reality (AR) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Rismayani |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 03:14 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 03:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75687 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |