PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA DENGAN MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI EKOSISTEM YANG HARMONIS KELAS V SD

Rismayani, Risha (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA DENGAN MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI EKOSISTEM YANG HARMONIS KELAS V SD. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (115kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Rismayani, Risha. 2025. Pengembangan E-Modul Berbasis Canva dengan Mengintegrasikan Teknologi Augmented Reality (AR) pada Materi Ekosistem yang Harmonis Kelas V SD: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Prof. Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D. Pembimbing II Risdalina, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : E-Modul, Canva, Augmented Reality (AR) Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsi prosedur pengembangan e-modul berbasis canva dengan mengintegrasikan teknologi augmented reality (AR) pada materi ekosistem yang harmonis kelas V SD. Mendeskripsikan validitas produk pengembangan e-modul berbasis canva dengan mengintegrasikan teknologi augmented reality (AR) pada materi ekosistem yang harmonis kelas V SD. Mendeskripsikan kepraktisan produk pengembangan e-modul berbasis canva dengan mengintegrasikan teknologi augmented reality (AR) pada materi ekosistem yang harmonis kelas V SD. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan bantuan model pengembangan ADDIE (analize, design, development, implementation, and evaluation). Data penelitian berupa kualitatif dan kuantitatif, dengan data kualitatif berupa hasil observasi dan wawancara. Data kuatitatif berupa nilai rata-rata atau skor dari hasil validator produk serta angket penilaian dan kepratisan guru dan siswa. Penelitian dilakukan di SD Negeri 186/I Sridadi. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa e-modul berbasis canva dengan mengitegrasikan teknologi augmented reality (AR) pada materi ekosistem yng harmonis kelas V SD, validasi desain memperoleh skor 4,85 dengan kategori sangat valid, validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,86 dengan kategori sangat valid, validasi media memperoleh skor rata-rata 4,77 dengan kategori sangat valid dan hasil validasi bahasa diperoleh skor rata-rata 4,3 dengan kategori sangat valid. Adapaun hasil angket penilaian guru diperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori sangat praktis, hasil angket respon peserta didik uji coba kelompok kecil di peroleh skor rata-rata 4,98 dan kelompok besar diperoleh skor rata-rata 4,95 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis canva dengan mengitegrasikan teknologi augmented reality (AR) pada materi ekosistem yng harmonis kelas V SD sangat valid dan praktis.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Canva, Augmented Reality (AR)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Rismayani
Date Deposited: 27 Feb 2025 03:14
Last Modified: 27 Feb 2025 03:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75687

Actions (login required)

View Item View Item