PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI ONLINE BERBASIS LIVEWORKSHEETS UNTUK MATA PELAJARAN IPAS MATERI EKOSISTEM DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Mursyida, Aveny (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI ONLINE BERBASIS LIVEWORKSHEETS UNTUK MATA PELAJARAN IPAS MATERI EKOSISTEM DI KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text
Full Skripsi Aveny Kurnia Mursyida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (659kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Mursyida, A. K. (2025). Pengembangan Instrumen Evaluasi Online Berbasis Liveworksheets untuk Mata Pelajaran IPAS Materi Ekosistem di Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Drs. Eko Kuntarto, M.Pd. M.Comp.Eng. (II) Risdalina S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, instrumen evaluasi, liveworksheets. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan prosedur pengembangan instrumen evaluasi online berbasis liveworksheets untuk mata pelajaran IPAS materi ekosistem di kelas V Sekolah Dasar, 2) mendeskripsikan tingkat validitas dari instrumen evaluasi online berbasis liveworksheets untuk mata pelajaran IPAS materi ekosistem di kelas V Sekolah Dasar, dan 3) mendeskripsikan tingkat kepraktisan dari instrumen evaluasi online berbasis liveworksheets untuk mata pelajaran IPAS materi ekosistem di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemetation, Evaluation). Penelitian ini mengumpulkan dua jenis data, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil pengamatan dan wawancara kebutuhan peserta didik mengenai instrumen evaluasi. Sementara itu, data kuantitatif dikumpulkan melalui angket yang diisi oleh para ahli, serta angket praktisi dan respon peserta didik terhadap produk instrumen evaluasi online berbasis liveworksheets. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 111/I Muara Bulian pada bulan Desember 2024 hingga Januari 2025. Penelitian ini menghasilkan instrumen evaluasi online yang berfokus pada soal-soal yang mencakup berbagai aspek kompetensi dengan memanfaatkan platform liveworksheets untuk mata pelajaran IPAS materi ekosistem di kelas V SD. Hasil validasi ahli materi menunjukkan skor rata-rata 4,8 yang dinilai “sangat valid”. Hasil validasi ahli media diperoleh skor 4,7 juga dinilai “sangat valid”. Hasil validasi ahli bahasa memperoleh skor rata-rata 4,4 juga dinilai “sangat valid”. Hasil angket respon guru diperoleh skor rata-rata 4,8 yang dinilai “sangat praktis”. Selain itu, angket respon peserta didik dalam uji coba memperoleh skor rata-rata 4,83 yang juga dinilai “sangat praktis”. Secara keseluruhan, disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan instrumen evaluasi online berbasis liveworksheets untuk mata pelajaran IPAS materi ekosistem di kelas V Sekolah Dasar yang dinilai sangat valid dan sangat praktis.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, instrumen evaluasi, liveworksheets
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Mursyida
Date Deposited: 27 Feb 2025 06:30
Last Modified: 10 Mar 2025 03:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75709

Actions (login required)

View Item View Item