PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK PADA MATERI INTERAKSI SOSIAL UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

HERLINA, HENI and INDRYANI, INDRYANI and WULANDARI, BUNGA AYU (2025) PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK PADA MATERI INTERAKSI SOSIAL UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S2 thesis, MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN.

[img] Text
Thesis Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
cover (1).pdf

Download (82kB)
[img] Text
halaman persetujuan .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAKK.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Bab I (1).pdf

Download (159kB)
[img] Text
Bab V (1).pdf

Download (70kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (145kB)

Abstract

Minat siswa yang rendah terhadap media pembelajaran konvensional dan kebutuhan akan media pembelajaran yang lebih menarik mendorong penelitian ini untuk mengembangkan media E-Komik dalam pembelajaran IPS pada materi interaksi sosial di SMP. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan media E-Komik interaksi sosial, mendeskripsikan respons peserta didik terhadap manfaat media E-Komik dalam pembelajaran IPS serta mengeksplorasi tingkat daya tarik media E-Komik terhadap capaian pembelajaran siswa SMP. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 31 Muaro Jambi, dan instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala Likert. Hasil dari penelitian ini adalah media E-komik materi interaksi sosial untuk siswa SMP layak digunakan untuk pembelajaran sesuai dengan hasil validasi dari ahli media dengan persentase 85%, ahli materi 92% dan guru bidang studi dengan persentase 99% dan hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa media layak secara prosedural dan konseptual. Kelayakan secara praktik ditunjukkan dari hasil uji coba lapangan dengan hasil persentase sebesar 96%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-komik ini layak secara konseptual, prosedural, dan kepraktisan dan dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran materi interaksi sosial untuk siswa kelas VII SMP N 31 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Heni herlina
Date Deposited: 28 Feb 2025 02:06
Last Modified: 28 Feb 2025 02:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75724

Actions (login required)

View Item View Item