PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Lestari, Indah Bunga (2025) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (412kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (155kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Lestari, Indah Bunga. 2025. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Eka Sastrawati, S.Pd., M.Pd., (II) Akhmad Faisal Hidayat, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia, Kemampuan Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan problem solving Siswa Kelas V Sekolah Dasar.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 64/I Muara Bulian pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yakni One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan memberikan tes soal essay kepada peserta didik. Kemudian data diolah dengan melakukan perbandingan hasil sebelum pemberian tindakan (pretest) dengan hasil sesudah pemberian tindakan (posttest). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata nilaikemampuan awal sebelum diberikan perlakuan menggunakan pendekatan PMRI, yakni 47,34 dan rata-rata nilai kemampuan akhir setelah diberikan perlakuan pendekatan PMRI, yakni 68,60. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05, yaitu 0,000, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dan hasil N-Gain sebesar 0,43 dengan kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik indonesia berpengaruh terhadap kemampuan problem solving siswa kelas V sekolah dasar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia, Kemampuan Problem Solving.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: INDAH BUNGA LESTARI
Date Deposited: 03 Mar 2025 02:11
Last Modified: 03 Mar 2025 02:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75743

Actions (login required)

View Item View Item