Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam Menumbuhkan Self-Efficacy Peserta Didik Sekolah Dasar

Patmawati, Patmawati (2025) Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam Menumbuhkan Self-Efficacy Peserta Didik Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi interpersonal yang digunakan guru dalam menumbuhkan self-efficacy peserta didik kelas V SD Negeri 139/I Sungai Buluh pada saat pembelajaran IPAS berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilakukan di SD Negeri 139/I Sungai Buluh. Subjek penelitian merupakan walikelas V dan peserta didik kelas V. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, dan wawancara, serta dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan guru dalam menumbuhkan self-efficacy peserta didik pada pembelajaran IPAS yaitu melalui komunikasi satu arah, dua arah, dan tiga arah. Cakupan dari pendekatan ini meliputi: keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Faktor pendukung berupa penguasaan kelas, penggunaan media pembelajaran, pemanfaatan teknologi, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru tidak puas dengan strategi yang ada, dan teruslah mencoba menggunakan strategi-strategi lain yang mampu menumbuhkan self-efficacy peserta saat proses pembelajaran berlangsung. Guru harus bisa mencoba dan menciptakna strategi baru agar bisa mengantarkan peserta didiknya menjadi individu yang tidak mudah menyerah dan percaya akan kemampuannya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Self-Efficacy, Pembelajaran IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Patmawati
Date Deposited: 04 Mar 2025 02:13
Last Modified: 04 Mar 2025 02:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75750

Actions (login required)

View Item View Item