IMPLEMENTASI KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA DI SEKOLAH DASAR

Lia, Inayah Kesi (2025) IMPLEMENTASI KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (170kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (395kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Lia, Inayah Kesi. 2025. Implementasi Kegiatan Kewirausahaan Dalam Pembentukan Karakter Percaya Diri Siswa di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd. (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Kegiatan Kewirausahaan, Karakter Percaya Diri, Sekolah Dasar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan-tahapan pengimplementasian kegiatan kewirausahaan dalam pembentukan karakter percaya diri siswa di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 131/IV Kota Jambi selama semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitattif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, wali kelas, dan siswa kelas VB. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kegiatan kewirausahaan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi berhasil mendukung pencapaian indikator karakter percaya diri siswa. Pada tahap perencanaan, siswa secara aktif terlibat dalam diskusi kelompok, menyampaikan ide, serta merancang strategi produk, yang mengembangkan keberanian berpendapat dan kemampuan berpikir kreatif. Pada tahap pelaksanaan, siswa menunjukkan kemampuan bertindak mandiri dalam menyelesaikan tugas, seperti memilih bahan, mengemas produk, hingga memasarkan hasil karya mereka. Indikator yang dicapai meliputi keberanian mengemukakan pendapat, kemampuan mengambil keputusan tanpa bergantung pada orang lain, keterlibatan aktif dalam kelompok kerja, serta kepercayaan diri dalam menyelesaikan tugas dengan hasil yang optimal. Sedangkan tahap evaluasi memberikan siswa kesempatan untuk merefleksikan proses dan menerima apresiasi, yang memperkuat rasa percaya diri dan penghargaan terhadap kemampuan diri mereka. Dari hasil penelitian mengenai implementasi kegiatan kewirausahaan terbukti efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa melalui keberanian berpendapat, kemandirian dalam mengambil keputusan, keterlibatan aktif dalam kegiatan, dan keyakinan pada kemampuan diri sendiri. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pembelajaran berbasis kewirausahaan di sekolah dasar sebagai upaya membentuk karakter positif siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kegiatan Kewirausahaan, Karakter Percaya Diri, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Lia
Date Deposited: 04 Mar 2025 04:01
Last Modified: 04 Mar 2025 04:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75764

Actions (login required)

View Item View Item