Huljannah, Mifta (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) Menggunakan Metode Mind Mapping pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Kelas V di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak_Mifta Huljannah_A1D120172.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
BAB I_Mifta Huljannah_A1D120172.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
BAB V_Mifta Huljannah_A1D120172.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
Cover_Mifta Huljannah_A1D120172.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_Mifta Huljannah_A1D120172.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_Mifta Huljannah_A1D120172.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan_Mifta Huljannah_A1D120172.pdf Download (419kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Negeri 34/I Teratai, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari pada kelas V. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis secara kualitatif serta kuantitatif. Penelitian ini diberlangsungkan dalam dua siklus, dengan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Berdasarkan hasil penelitian sesudah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Connecting Organizing Reflecting and Extending (CORE) Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Kelas Ⅴ Di Sekolah Dasar. Hasil dari siklus I pertemuan pertama memperoleh presentase sebesar 44,65% dengan kategori “Rendah”, sedangkan dalam siklus I pertemuan kedua didapatkan presentase yakni 55,13% dengan kategori “rendah” dengan peningkatan sebesar 10,49%. Dalam siklus II pertemuan pertama didapat persentase sebesar 65,84% dengan kategori “sedang” dimana terdapat kenaikan sebesar 10,71%, serta untuk siklus II pertemuan kedua mendapatkan persentase yakni 80,71% berada dalam kategori “Tinggi” dengan kenaikan sebesar 14,87%. Hasil dalam pertemuan kedua siklus II sudah menggapai persentase perolehan indikator keberhasilan, yakni 70%. Melalui hasil penelitian ini bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwasanya Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE) Dengan Metode Mind Mapping bisa Meningkatkan keaktifan belajar Siswa dalam Pelaksanaan Belajar Pendidikan Pancasila di SD. Hal tersebut mampu dibuktikan dengan terjadinya peningkatan tiap indikator keaktifan belajar siswa pada setiap siklus pertemuannya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Connecting Organizing Reflecting dan Extending (CORE), Metode Mind Mapping, Pelaksanaan Belajar Pendidikan Pancasila, Keaktifan Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | HULJANNAH |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 02:50 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 02:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75769 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |