PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE BERBANTUAN CABRI II PLUS DAN GEOGBERA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 30 TEBO

IRAWAN, WAHYU (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE BERBANTUAN CABRI II PLUS DAN GEOGBERA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 30 TEBO. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Doc1.pdf

Download (441kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair share berbantuan geogebra dan cabri II plus pada siswa kelas VIII SMP N 30 Tebo. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 30 Tebo pada April 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan soal post test (sebagai data utama) dan lembar observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran serta lembar observasi aktivitas guru (sebagai data penunjang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas eksperimen 1 adalah 70,33 dengan rata-rata aktivitas siswa 80,5% dan pada kelas eksperimen 2 nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah 75,6 dengan nilai rata-rata aktivitas siswa 82,5%. Analisis menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung =2,34 dan ttabel = 2,00, sehingga thitung berada diluar daerah penerimaan H_0, maka H_0 ditolak dan H1 diterima pada taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair share berbantuan geogebra dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair share berbantuan cabri II plus di kelas VIII SMP Negeri 30 Tebo.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WAHYU IRAWAN
Date Deposited: 08 Apr 2019 01:28
Last Modified: 08 Apr 2019 01:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7578

Actions (login required)

View Item View Item