Delviyanti, Hunafa (2025) Pengembangan e-Modul Interaktif Melalui Heyzine Flipbook Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK .pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (263kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat validitas e-Modul Interaktif Melalui Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas IV Sekolah Dasar, dan (2) mendeskripsikan kepraktisan e-Modul Interaktif Melalui Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggabungkan pendekatan campuran (Mixed Method) yaitu kualitatif dan kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE, yang mempunyai beberapa langkah yaitu ada Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), serta Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 121/I Muara Singoan, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, dengan subjek yang difokuskan yaitu pendidik dan peserta didik. Data penelitian didapatkan melalui validasi media, validasi materi, serta validasi bahasa. Selain itu, angket respon pendidik dan peserta didik juga digunakan untuk menilai keterbacaan pada uji coba kelompok kecil dan kepraktisan pada uji coba kelompok besar. Analisis data dilakukan dengan pendekatatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validasi oleh ahli media memperoleh rata-rata 4,5 yang termasuk dalam kategori “Sangat Valid”. Penilaian oleh ahli materi dengan rata-rata 4,6 dikategori sebagai “Sangat Valid”, dan validasi bahasa dengan rata-rata 4,6 dikategori sebagai “Sangat Valid”. Uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata 4,71 yang dianggap “Sangat Praktis”, dan uji coba kelompok besar mendapatkan rata-rata 4,55 dikategoti “Sangat Praktis, serta respon dari pendidik didapatkan rata-rata 4,7 yang dianggap “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil dari penelitian bisa disimpulkan bahwa Pengembangan e-Modul Interaktif Melalui Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas IV Sekolah Dasar secara keseluruhan sangat valid dan sangat praktis untuk diterapkan pada kegiatan belajar di sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: e-Modul Interaktif, Heyzine Flipbook, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | DELVIYANTI |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 06:42 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 06:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75798 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |