Atmasari, Eka (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PENINGGALAN SEJARAH ISLAM JAMBI KOTA SEBERANG UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK EKA.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
BAB I eka.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
BAB V eka.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
COVER eka.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
DAPUS eka.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI EKA FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
pengesahan eka.pdf Download (462kB) |
Abstract
ABSTRAK Atmasari, Eka. 2025. Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Local Peninggalan Sejarah Islam Jambi Kota Seberang Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Siswa Kelas X SMA N 8 Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Sejarah PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd. (2) Anny Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : E-Modul, Kearifan Local, Kesadaran Sejarah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kesadaran Sejarah siswa dengan hasil observasi awal melalui angket ditemui sebanyak 57,6% dengan kategori kesadaran Sejarah rendah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menghasilkan sebuah produk berupa e-modul berbasis kearifan local peninggalan Sejarah Islam Jambi Kota Seberang serta untuk mengetahui keefektivitasan bahan ajar e-modul berbasis kearifan local peninggalan Sejarah Islam Jambi Kota Seberang untuk meningkatkan kesadaran sejarah siswa kelas X SMA N 8 Kota Jambi. Penelitian ini berjenis penelitan pengembangan ( Research & Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan ; analysis, design, development, implementation, evaluation. Subjek uji coba pada penelitian ini menggunakan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Teknik analisis data menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini 1) menghasilkan produk e-modul berbasis kearifan local peninggalan Sejarah Islam Jambi Kota Seberang untuk mengatasi permasalahan disekolah terkait rendahnya kesadaran Sejarah siswa . 2) efektivitas penggunaan produk e-modul berbasis kearifan lokal peninggalan Sejarah islam Jambi kota Seberang untuk meningkatkan keasadaran Sejarah siswa. Terdapat beberapa hasil diantaranya melalui validasi ahli materi dengan skor persentase 91,5% (sangat layak) dan validasi ahli desain dan media dengan skor 85,9% (sangat layak). Menunjukkan bahan ajar e-modul berbasis kearifan local peninggalan Sejarah islam Jambi kota Seberang layak digunakan dan diuji cobakan kepada siswa. Setelah itu hasil yang diperoleh dalam melihat respon siswa ialah dengan rata-rata dengan persentase 85,5% (Sangat Layak) melalui hasil ini bahan ajar e-modul dikategorikan sangat layak. Hasil perhitungan data menggunakan SPSS V26. Dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa perolehan taraf signifikansi > 0,05 pada uji kesetaraan serta uji efektivitas Sig 2-tailed < 0,05. Artinya bahan ajar e-modul ini digunakan serta dapat meningkatkan kesadaran sejarah siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Kearifan Local, Kesadaran Sejarah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | EKA ATMASARI |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 07:10 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 07:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75851 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |