Studi Kasus Pemanfaatan Aktivitas Bermain Peran (Role Playing) untuk Penguatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia bagi Mahasiswa Internasional

Astuti, Putri Dwi (2025) Studi Kasus Pemanfaatan Aktivitas Bermain Peran (Role Playing) untuk Penguatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia bagi Mahasiswa Internasional. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (413kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI PUTRI DWI ASTUTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (575kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Mahasiswa internasional di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sering mengalami kesulitan dalam pengucapan kata atau kalimat panjang, pemenggalan kata, dan pemahaman kosakata baru. Kesulitan ini dipengaruhi oleh intonasi bahasa Thailand yang berperan penting dalam menentukan makna kata. Empat mahasiswa Thailand di Universitas Jambi masih menggunakan aksen dan intonasi dialek mereka serta lebih sering memakai kosakata bahasa Melayu dalam percakapan sehari-hari. Hal ini menghambat pembelajaran berbicara, terutama saat praktik. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang membantu mahasiswa berbicara lebih alami dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan aktivitas bermain peran dalam penguatan keterampilan berbicara mahasiswa internasional, khususnya mahasiswa Thailand yang belajar bahasa Indonesia di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jambi. Fokus utama penelitian ini adalah pengembangan keterampilan berbicara yang meliputi kelancaran, pengucapan, intonasi, dan penggunaan kalimat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta melibatkan empat mahasiswa Thailand yang memiliki tingkat kelancaran berbicara bahasa Indonesia yang cukup, namun masih mengalami kesulitan dalam pengucapan dan pemahaman kosakata. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, rekaman audio/video, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas bermain peran efektif dalam membantu mahasiswa meningkatkan pengucapan, intonasi, kelancaran berbicara, serta pemilihan kata dan struktur kalimat. Aktivitas bermain peran memberikan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan interaktif, serta memperkuat pemahaman mahasiswa tentang penggunaan bahasa Indonesia dalam situasi nyata. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan aktivitas bermain peran dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat mengatasi tantangan kebahasaan yang dihadapi oleh mahasiswa internasional. Selain itu, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan teori pembelajaran berbasis peran dan dapat digunakan sebagai referensi untuk praktik pembelajaran bahasa Indonesia yang lebih efektif. ABSTRACT International students in the Indonesian Language and Literature Education Study Program often face difficulties in pronouncing words or long sentences, word segmentation, and understanding new vocabulary. These difficulties are influenced by the intonation of the Thai language, which plays a crucial role in determining word meaning. Four Thai students at Jambi University still use their dialect's accent and intonation and tend to incorporate Malay vocabulary into their daily conversations. This hinders their speaking skills, especially during practice. Therefore, a learning strategy is needed to help students speak more naturally and contextually. This study aims to examine the use of role-playing activities in strengthening the speaking skills of international students, particularly Thai students learning Indonesian in the Indonesian Language and Literature Education Study Program at Jambi University. The main focus of this research is the development of speaking skills, including fluency, pronunciation, intonation, and sentence usage. This study employs a qualitative research design with a case study approach, involving four Thai students who have a moderate level of fluency in Indonesian but still struggle with pronunciation and vocabulary comprehension. Data were collected through observation, interviews, audio/video recordings, and reflection. The findings indicate that role-playing activities are effective in helping students improve pronunciation, intonation, fluency, word choice, and sentence structure. Role-playing provides a more contextual and interactive learning experience, strengthening students' understanding of using Indonesian in real-life situations. These findings suggest that implementing role-playing activities in Indonesian language learning can address the linguistic challenges faced by international students. Additionally, this research contributes to the development of role-based learning theories and can serve as a reference for more effective Indonesian language teaching practices.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bermain peran, keterampilan berbicara, mahasiswa internasional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: ASTUTI
Date Deposited: 06 Mar 2025 03:48
Last Modified: 06 Mar 2025 03:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75858

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item