PENGARUH STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYNG, COOPERATING,TRANSFERRING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

LASE, NOVIT WISESA and Theis, Roseli and Sabil, Husni PENGARUH STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYNG, COOPERATING,TRANSFERRING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP. PENGARUH STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYNG, COOPERATING,TRANSFERRING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP. (Unpublished)

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (166kB)
[img] Text
5. Lembar Pengesahan.pdf

Download (150kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
06. BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf

Download (157kB)

Abstract

Lase, Novit Wisesa. 2018. Pengaruh Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa kelas VIII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. Roseli Theis, M.S, dan Pembimbing (II) Drs.. Husni Sabil, M.Pd. Kata Kunci: Strategi React, Kemampuan Pemecahan Masalah, SPLDV. Kemampuan Pemecahan masalah matematika siswa merupakan salah satu tujuan yang diharapkan dapat berkembang dengan optimal pada diri siswa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan di kelas VIII SMPN 26 Tanjung jabung Timur, diketahui bahwa kemampuan Pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Siswa masih kesulitan dalam memahami dan mengerjakan suatu permasalahan matematika non rutin dan saat terlibat dalam proses pembelajaran siswa cenderung senang untuk berdiskusi dengan siswa lainnya mengenai materi yang belum dipahami. Hal ini mengakibatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Masalah ini dapat diatasi dengan menerapkan strategi React. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi relating, experiencing, applyng, cooperating, transfering (react) terhadap kemampuan Pemecahan masalah matematika siswa Kelas VIII SMPN 26 Tanjung Jabung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan The Randomized Posttest-Only Contol Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 26 Tanjung Jabung Timur yang berjumlah 94 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VIII A terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay untuk melihat kemampuan Pemecahan masalah matematika siswa. Data tes dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji-t. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata tes hasil tes pemahaman konsep siswa kelas eksperimen sebesar 78,65 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 68,51. Hasil uji thitung dibandingkan ttabel untuk nilai posttest hasil belajar siswa didapatkan thitung >ttabel yaitu 2,485294>1,29837 . Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Penerapan strategi React berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 26 Tanjung Jabung Timur.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: NOVIT WISESA LASE
Date Deposited: 08 Apr 2019 04:00
Last Modified: 08 Apr 2019 04:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7599

Actions (login required)

View Item View Item