Putri, Vannessa (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALPHABET ANIMALS E-BOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEKS_VANNESSA AJENG TRISNA PUTRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Abstrak Keaksaraan adalah kemampuan dasar bagi anak usia dini untuk persiapan membaca dan menulis. Kemampuan ini dapat distimulasi melalui media pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pencapaian perkembangan anak. Namun dalam realitanya, melalui hasil wawancara yang dilakukan di beberapa TK di wilayah Kecamatan Jambi Luar Kota, ditemukan bahwa kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun masih terbatas. Oleh sebab itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan anak pada rentang usia tersebut, salah satunya melalui media pembelajaran Alphabet Animals E-book berbasis augmented reality. Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu: (1) mengetahui yang dibutuhkan dalam pengembangan media pembelajaran Alphabet Animals E-book berbasis augmented reality untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun, (2) menghasilkan media pembelajaran Alphabet Animals E-book berbasis augmented reality yang layak untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun, dan (3) mengetahui respon guru terhadap media pembelajaran Alphabet Animals E-book berbasis augmented reality untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D dengan empat tahapan, yaitu define, design, develop, dan dessiminate. Subjek penelitian ini adalah 6 guru dan 30 anak yang berasal dari TK IT Fania Salsabila Barokah, TK Puri Masurai II, dan TK Rizani Putra. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar angket validasi dan angket respon guru. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir validasi media memperoleh 100% dan validasi materi memperoleh 98,2% dengan kategori “sangat baik” sehingga dinyatakan layak untuk digunakan dalam uji coba pengembangan. Selanjutnya, hasil uji coba pengembangan kelompok kecil memperoleh persentase 78,8% kategori “sangat baik” dan uji coba pengembangan kelompok besar memperoleh persentase 79,3% kategori “sangat baik” yang menunjukkan bahwa media ini tergolong praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Alphabet Animals E-book berbasis augmented reality yang dikembangkan dinyatakan layak dan praktis sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun. Abstract Literacy is a fundamental skill for early childhood as preparation for reading and writing. This ability can be stimulated through learning media that align with children's developmental achievement levels. However, in reality, based on interviews conducted in several kindergartens in the Jambi Luar Kota District, it was found that the literacy skills of children aged 5-6 years were still limited. Therefore, efforts are needed to improve children's literacy skills in this age range, one of which is through the Alphabet Animals E-book learning media based on augmented reality. This study has three main objectives: (1) to identify the requirements for developing the Alphabet Animals E-book learning media based on augmented reality to enhance the literacy skills of children aged 5-6 years, (2) to produce a feasible Alphabet Animals E-book learning media based on augmented reality to improve children's literacy skills, and (3) to analyze teachers' responses to the Alphabet Animals E-book learning media based on augmented reality for enhancing the literacy skills of children aged 5-6 years. This study is a development research that employs the 4D model, which consists of four stages: define, design, develop, and disseminate. The research subjects were six teachers and 30 children from TK IT Fania Salsabila Barokah, TK Puri Masurai II, and TK Rizani Putra. The instruments used for data collection were validation questionnaires and teacher response questionnaires. The data analysis technique used was quantitative data analysis. The research findings indicate that the final validation of the media received a score of 100%, while the material validation received 98.2%, both categorized as "very good," making it eligible for development trials. Furthermore, the small-group development trial obtained a percentage of 78.8%, classified as "very good," and the large-group development trial achieved a percentage of 79.3%, also classified as "very good," indicating that this media is practical for use in the learning process. Therefore, it can be concluded that the developed Alphabet Animals E-book learning media based on augmented reality is feasible and practical as a learning tool to enhance the literacy skills of children aged 5-6 years.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran e-book, augmented reality, keaksaraan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 07:05 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 07:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76001 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |