Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Kearifan Lokal Tari Ngebeng Berbantuan Heyzine Flipbook Materi Daerahku Kebanggaanku Kelas V SD

Gusrianti, Nurparisa (2025) Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Kearifan Lokal Tari Ngebeng Berbantuan Heyzine Flipbook Materi Daerahku Kebanggaanku Kelas V SD. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Gusrianti, Nurparisa 2025. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Kearifan Lokal Tari Ngebeng Berbantuan Heyzine Flipbook Materi Daerahku Kebanggaanku Kelas V SD. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si., (II) Alirmansyah, SPd., M.Pd., Kata Kunci: Modul Elektronik, Kearifan Lokal Tari Ngebeng, Heyzine Flipbook Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik berbasis kearifan lokal tari Ngebeng berbantuan heyzine flipbook materi daerahku kebanggaanku kelas V SD dan untuk mendeskripsikan tingkat validitas serta kepraktisan dari modul elektronik berbasis kearifan lokal tari Ngebeng berbantuan heyzine flipbook materi daerahku kebanggaanku kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 58/I Rambutan Masam. Data penelitian diperoleh melalui nilai validasi materi, validasi media, validasi bahasa, angket respon guru, dan angket respon peserta didik. Selain itu, data juga diperoleh dari hasil observasi, wawancara bersama guru, peserta didik, maestro tari Ngebeng, dan Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batanghari. Hasil panelitian ini menunjukan bahwa uji validasi dari beberapa penilaian ahli mendapat rata-rata: (1) validasi materi memperoleh rata rata 3,8 kategori sangat valid; (2) validasi media memperoleh rata rata 3,6 dengan kategori sangat valid; (3) validasi bahasa memperoleh rata rata 3,5 kategori sangat valid. Kepraktisan modul elektronik berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh guru memperoleh rata-rata 3,9 kategori sangat praktis, dan respon peserta didik memperoleh rata-rata 3,62 dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil panelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul elektronik berbasis kearifan lokal tari Ngebeng berbantuan heyzine flipbook materi daerahku kebangganku kelas V dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul Elektronik, Kearifan Lokal Tari Ngebeng, Heyzine Flipbook
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Gusrianti
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:39
Last Modified: 11 Mar 2025 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76080

Actions (login required)

View Item View Item