Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Ppkn Dengan Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Ppkn Siswa Kelas XI Ips Sma N 10 Kota Jambi

SARI, WINDA PERMATA Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Ppkn Dengan Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Ppkn Siswa Kelas XI Ips Sma N 10 Kota Jambi. JURNAL Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Ppkn Dengan Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Ppkn Siswa Kelas XI Ips Sma N 10 Kota Jambi.

[img] Text
COVER 1.pdf

Download (113kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN 1.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (76kB)

Abstract

ABSTRAK Winda, Permata Sari. 2018. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru PPkn Dengan Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran PPkn Siswa Kelas IX IPS SMA N 10 Kota Jambi. Skripsi, jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas jambi, pembimbing: pembimbing (1) Dr. Drs, Akmal Sutja M. Pd., pembimbing (2) Maryatun Kabatiah, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Kepribadian Guru, Minat Belajar Kompetensi kepribadian merupakan salah satu kualifikasi guru yang terpenting. Bila kompetensi ini tidak ada pada diri seorang guru, maka ia tidak akan berkompeten dalam melakukan tugasnya dan hasilnya pun tidak akan optimal, dalam proses kegiatan belajar dan mengajar kurang atau bahkan tidak dapat tercapai apabila guru tidak memiliki kepribadian yang baik dan ideal. Jadi kepribadian guru memang diperlukan sebagai suatu kompetensi yang harus dimilikinya dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru PPKn dengan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PPKn siswa kelas XI IPS SMA N 10 Kota Jambi pada mata pelajaran PPKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian dilaksanakan di SMA N 10 Kota Jambi, populasi dalam penelitian ini berjumlah 104 dan sample sebanyak 51 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan pengelolaan dan perhitungan data bantuan aplikasi Microsoft Excel 2010 dan SPSS release 21. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa kepribadian guru termasuk kategori sangat tinggi dengan persentase (66,67%) dan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn termasuk kategori sangat tinggi dengan persentase (58,82%). Penelitian ini menunjukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepribadian guru dengan minat belajar siswa. Adapun berdasarkan hasil perhitungan dalam melakukan uji korelasi sederhana didapatlah nilai rxy = 0,610 dan berkategori hubungan yang kuat sehingga hasil tersebut menunjukan terdapat hubungan antara kepribadian guru dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas XI IPS SMA Negeri 10 Kota Jambi. Saran yang diberikan kepada pihak sekolah bahwasanya kepribadian guru itu sangatlah penting bagi pendukung dalam pembelajaran siswa dikelas maupun diluar lingkungan kelas baik sesama guru, kepala sekolah, siswa dan sebaginya. Karena baik kepribadian guru akan menunjang keberhasilan siswa nya dalam belajar dan tentunya agar siswanya berminat dalam pelajaran PPKn tersebut, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat sebagai bahan informasi baik dunia pendidikan maupun bagi peneliti selanjutnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WINDA PERMATA SARI
Date Deposited: 08 Apr 2019 06:50
Last Modified: 08 Apr 2019 06:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7613

Actions (login required)

View Item View Item