S. Sonia, Gita (2025) Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) pada Materi Keanekaragaman Hayati dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Full Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kurangnya kemampuan metakognitif akan mempengaruhi ketercapaian tujuan pembelajaran. Kondisi tersebut disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang kurang melatih kemampuan metakognitif siswa. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan metakognitif siswa, yakni model PjBL. Model PjBL memiliki keunggulan dalam setiap tahapan pembelajarannya yang secara aktif melibatkan siswa dalam proses belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasikan model PjBL dan pengaruhnya terhadap kemampuan metakognitif siswa SMA. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Desain penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian pre-test post-test non-equivalent control group design. Sampel penelitian yaitu XE1 sebagai kelas eksperimen dan XE2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa pre-test dan post-test untuk mengetahui kemampuan metakognitif siswa dan lembar observasi keterlaksanaan sintaks. Instrumen penelitian divalidasi oleh dosen pembimbing. Teknik analisis data menggunakan one way ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model PjBL terlaksana 100% dengan kategori sangat baik dan pengaruh model PjBL terhadap kemampuan metakognitif siswa secara signifikansi dengan nilai 0,003 < 0,005. Terdapat effect size pengaruh model PjBL dengan nilai ηp2 = 0,134 termasuk kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa implementasi model PjBL terlaksana dengan sangat baik dan pengaruh model PjBL termasuk kategori sedang terhadap kemampuan metakognitif siswa. Disarankan untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa, guru dapat menerapkan model PjBL sebagai salah satu alternatif solusinya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Project Based Learning, Kemampuan Metakognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 02:05 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 08:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76135 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |