Pengaruh Pengalaman PKL, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif Terhadap Kesiapan Kerja dimediasi Sikap Professional Peserta didik SMKN Batang Hari

Sofyandy, Herry (2025) Pengaruh Pengalaman PKL, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif Terhadap Kesiapan Kerja dimediasi Sikap Professional Peserta didik SMKN Batang Hari. S3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Disertasi .pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Full Tesis Herry.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pengalaman PKL, Berpikir Kritis, kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Kesiapan Kerja dimediasi Sikap Professional Peserta didik SMKN Batang Hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survei. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 287 Peserta didik. Penarikan sampel dengan teknik random sampling. Skala yang digunakan untuk mengumpulkan data untuk variabel Kesiapan Kerja, yakni work readiness scale (WRS) yang dikembangkan oleh Ferenanda, (2021). Untuk variabel Pengalaman PKL yakni Work Experience Measurement Scale (WEMS) yang dikembangkan Nilsson, Andersson & Ejlertsson, (2011). untuk Berpikir Kreatif yakni Traits of Creative Potential Questionnaire (TCPQ) dikembangkan Corzo & Saucedo, (2021). Untuk variabel berpikir kritis yakni Critical Thinking Selfassessment Scale (CTSAS) dikembangkan Carreira & Fontenla, (2022). Untuk sikap professional yakni Work Locus of Control Scale (WLCS) yang dikembangkan XuYang, (2004). Data penelitian diuji dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan aplikasi SmartPLS (v.3.2.9). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan pengaruh Pengalaman PKL, Berpikir Kritis, kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Kesiapan Kerja. Dan selanjutnya terdapat pengaruh tidak langsung pengaruh Pengalaman PKL, Berpikir Kritis, kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Kesiapan Kerja dimediasi Sikap Professional Peserta didik. Keterbaharuan dalam penelitian ini adalah pengenalan model integrasi teori Astin I-E-O (Input-Environment-Output) dengan Theory of Planned Behavior (TPB) yang dapat meningkatkan Kesiapan Kerja peserta didik SMK melalui variabel pengaruh Pengalaman PKL, kemampuan Berpikir Kreatif, Berpikir Kritis, Serta Sikap Professional Peserta didik yang tinggi, berdampak pada peningkatan kesiapan kerja yang lebih baik. Penelitian ini bisa menjadi dasar bagi pengambilan kebijakan atau program peningkatan Kesiapan Kerja ssiwa SMK. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi Kesiapan Kerja peserta didik SMK serta memberikan saran untuk pengembangan kebijakan dan program yanglebih efektif di sekolah menengah kejuruan.

Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman PKL, Berpikir Kritis, kemampuan Berpikir Kreatif, Kesiapan Kerja, Sikap Profesional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Kependidikan
Depositing User: Herry sofyandy pranata
Date Deposited: 12 Mar 2025 07:53
Last Modified: 13 Mar 2025 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76204

Actions (login required)

View Item View Item