IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GENICS (GROUPING, EXPLORATING, DISCUSSION, INDIVIDUAL ACTIVITY, COMBINING, SHARING) PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF TERINTEGRASI ESAI

Elvarian, Elvarian (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GENICS (GROUPING, EXPLORATING, DISCUSSION, INDIVIDUAL ACTIVITY, COMBINING, SHARING) PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF TERINTEGRASI ESAI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover (4).pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN (2) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Elvarian_skripsi.pdf

Download (12MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Perkembangan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad ke-21 mengharuskan siswa untuk menguasai kemampuan berpikir kritis, namun banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam mengaitkan konsep, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan model GENICS dibandingkan model Discovery Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Non-randomized Control Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X Fase E SMAN Titian Teras, dengan instrument berupa tes esai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji MANCOVA untuk mengetahui perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model GENICS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa secara signifikan dibandingkan dengan model Discovery Learning. Oleh karena itu, disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran GENICS sebagai alternatif dalam pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Discovery Learning, GENICS, Hasil Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ELVARIAN
Date Deposited: 13 Mar 2025 01:34
Last Modified: 20 Mar 2025 02:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76222

Actions (login required)

View Item View Item