Efektivitas Model GENICS (grouping, explorating, discussion, individual activity, combining, sharing) Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Meta-skills Siswa SMA

Dewita, Aisya Gusma (2025) Efektivitas Model GENICS (grouping, explorating, discussion, individual activity, combining, sharing) Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Meta-skills Siswa SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Aisya_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
Aisya_SkripsiCover- tabel lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Aisya_Skripsi-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (730kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (730kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dorongan dalam menyelesaikan penelitian ini didasari dari permasalaham yakni keterampilan proses sains siswa yang masih dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran. Siswa memiliki kemampuan yang berbeda setiap orangnya, siswa membutuhkan kebebasan belajar dan model pembelajaran yang tepat dalam menunjanh potensi diri siswa. Meta-skills yang masih dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran, menjadi bekal penting bagi siswa di masa depan. Diperlukan model GENICS yang berorientasi pada kebebasan belajar dan dapat mengembangkan keterampilan meta-skills. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Non-Randomized Control Group Pretest Posttest Design. Sampel penelitian pada fase EX.3 sebagai kelas eksperimen dan EX.11 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yakni teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa test dan kuesioner. Instrumen test berupa pretest dan posttest berupa essai untuk mengetahui hasil keterampilan proses sains siswa dan instrumen nontes berupa kuesioner untuk mengukur meta-skills siswa. Analisis data observasi keterlaksanaan sintaks dengan mengisi lembar observasi dan uji regresi berganda untuk mengetahui kosistensi sintaks model pembelajaran. Penelitian menggunakan teknik analisis data yaitu uji linearitas, uji homogenitas, uji normalitas, serta uji hipotesis menggunakan uji One Way Ancova Quade’s Rank Analysis of Covariance. Intrumen penelitian berupa Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), modul ajar, dan Lembar Kerja Siswa (LKS) sudah di validasi dan telah layak digunakan dalam penelitian. Hasil uji oneway Ancova menunjukkan tidak terdapat perbedaan efektifitas yang signifikan terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol [F(1,62) = 1,345, p = 0,251]. Hasil uji Quade’s Rank Analysis of Covariance menunjukkan terdapat perbedaan efektifitas yang besar dari meta-skills kelas kontrol dan kelas eksperimen [F (1,63) = 161,613, p <0,001, η 2= 0,720] dengan effect size 0,706 terdapat pengaruh besar pada model pembelajaran GENICS terhadap keterampilan meta-skills siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan Model GENICS dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan meta-skills, dengan demikian disarankan agar guru menerapkan model GENICS dalam mengembangkan keterampilan meta-skills siswa yang tetap memperhatikan segala kondisi sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: GENICS, Keterampilan Proses Sains, Meta-Skills.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: AISYA GUSMA DEWITA
Date Deposited: 13 Mar 2025 06:53
Last Modified: 13 Mar 2025 06:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76314

Actions (login required)

View Item View Item