Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 6 Kota Jambi

Sari, Nia Lilik Ayu Nur Indah (2025) Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 6 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (190kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (887kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI NIA LILIK AYU NUR INDAH SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam penerapan kurikulum merdeka, dengan melihat dari segi idealized influence, inspiration motivasi, individualized consideration, intellectual stimulation. Kemudian mengetahui faktor pendukung, hambatan dan solusi yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini diantaranya adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah terdapat 4 aspek untuk mendukung penerapan kurikulum merdeka yaitu 1) Pengaruh Ideal, Kepala sekolah sudah optimal memberikan teladan kepada guru dan siswa, 2) Motivasi Inspiratif, Kepala sekolah belum optimal memberikan motivasi untuk berinovasi, 3) Stimulasi Intelektual, Kepala sekolah belum optimal dalam mendorong guru untuk berpikir kreatif dan kritis, 4) Pertimbangan Individual, Kepala sekolah sudah optimal memberikan dukungan secara personal. Adapun faktor pendukungnya yaitu 1) Komitmen kepala sekolah dalam mendukung guru untuk terus berkembang, 2) Pelatihan internal dan eksternal, 3) Ketersedian fasilitas seperti internet dan ruang diskusi, 4) Kolaborasi antar guru dalam berbagi pengalaman. Faktor penghambatnya yaitu 1) Masih ada beberapa guru yang belum terampil dalam metode P5, 2) Beberapa guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, 3) Keterbatasan bahan ajar. Solusi yang diberikan yaitu 1) Mengadakan pelatihan rutin, 2) Mendorong guru muda untuk membantu rekan kerja yang masih belum paham, 3) Memberikan dorongan moral dan bimbingan kepada guru yang memiliki kendala, 4) menjalin kerjasama dengan pihak internal dan eksternal untuk kegiatan pembelajaran berbasis project. This study aims to describe the implementation of the principal's transformational leadership in the application of the "Merdeka" curriculum, focusing on four aspects: idealized influence, inspirational motivation, individualized consideration, and intellectual stimulation. Additionally, it seeks to identify the supporting factors, obstacles, and solutions faced by the principal in implementing the "Merdeka" curriculum. This research employs a qualitative method with a case study approach. Data collection was conducted through observation, interviews, and documentation. The participants involved in this study include the principal, the vice principal of curriculum, and teachers. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the implementation of the principal's transformational leadership in supporting the "Merdeka" curriculum is reflected in four aspects: 1) Idealized Influence, the principal has optimally provided a role model for both teachers and students; 2) Inspirational Motivation, the principal has not yet fully optimized efforts to motivate innovation; 3) Intellectual Stimulation, the principal has not been optimal in encouraging teachers to think creatively and critically; 4) Individualized Consideration, the principal has provided optimal personal support to the teachers. The supporting factors identified include 1) the principal's commitment to supporting teachers' continuous development, 2) internal and external training, 3) the availability of facilities such as internet access and discussion spaces, and 4) collaboration among teachers to share experiences. The obstacles faced are 1) some teachers are still not proficient in the P5 method, 2) several teachers continue to use conventional teaching methods, and 3) limited teaching materials. The proposed solutions include 1) conducting regular training sessions, 2) encouraging younger teachers to assist colleagues who are struggling, 3) providing moral support and guidance to teachers facing difficulties, and 4) establishing cooperation with both internal and external parties for project-based learning activities.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Kepala Sekolah, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Sari
Date Deposited: 14 Mar 2025 03:41
Last Modified: 09 Oct 2025 04:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76333

Actions (login required)

View Item View Item