Sari, Nandita Sekar (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPAS MATERI MELIHAT KARENA CAHAYA MENDENGAR KARENA BUNYI KELAS V SDN 17/I RANTAU PURI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
COVER-HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (669kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif group investigation untuk meningkatkan keterapilan kolaborasi peserta didik pada pelajaran IPAS materi melihat karena cahaya mendengar karena bunyi di kelas V SDN 17/I Rantau Puri. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model Taggart dan Kemmis yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menerapkan model group investigation pada pembelajaran IPAS terlihat terjadi peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik. Peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik ditandai dengan memperhatikan tiap indikator keterampilan kolaborasi, yaitu Saat kegiatan kolaborasi atau kelompok peserta didik memiliki tingkat kerja sama dengan baik; meskipun memiliki perspektif yang berbeda peserta didik mampu menunjukkan empati yang tinggi; mampu beradaptasi dengan baik; bertanggung jawab terhadap peran yang diberikan; mempunyai kemampuan berkompromi yang baik diantara anggota lainnya untuk tercapai tujuan bersama. Hal ini terlihat dari peserta didik yang mengalami peningkatan keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran dengan memperhatikan tiap indikator keterampilan kolaborasi pada kegiatan pembelajaran terlihat pada setiap pertemuan. Hasil dari penelitian siklus I Pertemuan I memperoleh persentase 46,25% pada pertemuan II 55,43% mengalami peningkatan 9,18%. Siklus II pertemuan I memperoleh persentase 68,33% dan pertemuan II 84,31% mengalami peningkatan sebesar 15,98%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan keterapilan kolaborasi peserta didik kelas V SDN 17/I Rantau Puri dapat meningkat setelah diterapkan model pembelajaran group investigation. This study aims to describe the application of the cooperative learning model group investigation to improve students' collaboration skills in science lessons on the material of seeing because of light, hearing because of sound in class V SDN 17/I Rantau Puri. The form of this research is Classroom Action Research (CAR) with a qualitative and quantitative approach. Data collection in this study was carried out through observation, interviews, and documentation. This study uses the Taggart and Kemmis model which consists of 4 stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. Based on the results of the study conducted by applying the group investigation model to science learning, there was an increase in students' collaboration skills. The increase in students' collaboration skills is marked by paying attention to each indicator of collaboration skills, namely When collaborative activities or groups of students have a good level of cooperation; even though they have different perspectives, students are able to show high empathy; able to adapt well; responsible for the roles given; have good compromise skills among other members to achieve common goals. This can be seen from students who experience an increase in collaboration skills in learning by paying attention to each indicator of collaboration skills in learning activities seen at each meeting. The results of the research cycle I Meeting I obtained a percentage of 46.25% at meeting II 55.43% increased by 9.18%. Cycle II meeting I obtained a percentage of 68.33% and meeting II 84.31% increased by 15.98%. Based on the results of the study, it can be concluded that the collaboration skills of class V students of SDN 17/I Rantau Puri can be increased after the group investigation learning model is applied.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL GROUP INVESTIGATION, KETERAMPILAN KOLABORASI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | SARI |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 03:11 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 03:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76474 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |