Sari, Puspita Sari (2025) Studi Evaluatif Berbasis Model CSE-UCLA Dalam Pelaksanaan Evaluasi PJBL Program MBKM Pada PS Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI PUSPITA SARI A1A121022 FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
COVER .pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (238kB) |
Abstract
Puspita Sari. (2025). Studi Evaluatif Berbasis Model CSE-UCLA Dalam Pelaksanaan Evaluasi PJBL Program MBKM Pada Ps Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi: Skripsi, Prodi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial,FKIP, Univerisitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. H. Arpizal, M.Pd.,(2) Dr. Iwan Putra, S.E., M.S.Ak. Kata Kunci: Evaluasi, Model CSE-UCLA, MBKM Pendidikan tinggi di indonesia semakin hari semakin mengalami transformasi yang signifikan, diberbagai aspek salah satunya aspek fleksibilitas Kurikulum yang mana menawarkan kurikulum dan program yang fleksibel yang memungkinkan mahasiswa untuk memilih program yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Kemendikbudristek telah menjadi katalisator perubahan yang menginisiasi peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan dengan dunia kerja yang menjadi motor penggerak merdeka belajar yang diberinama MBKM. Dalam menjalankan suatu program perlu adanya suatu kegiatan evaluasi untuk mengukur keberjalanan suatu program. Model evaluasi yang dapat digunakan ialah model CSE-UCLA yang mana sangat cocok untuk digunakan dalam mengevaluasi program yang sedang berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berjalan efektifnya suatu pelaksanaan program MBKM di Ps Pendidikan ekonomi, FKIP, Universitas Jambi pada angkatan 2021 dengan menggunakan 5 aspek dari model CSE-UCLA yaitu pada aspek sistem Penilaian(sistem assesment), Perencanaan Program(Program Planning), Implementasi Program(Program Implementation), Peningkatan Program(Program Improvment), dan Sertifikasi program(Program Sertifikation). Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif, dengan metode campuran(mix metod). Data dikumpulkan dengan menggunakan Kuesioner, Studi dokumen, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini ialah mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2021 yang telah mengikuti program MBKM dengan jumlah sample 68 orang. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil peneltian ini berdasarkan aspek pada model CSE-UCLA didapat temuan bahwa aspek yang diukur keseluruhan telah berjalan secara efektif program MBKM pada prodi pendidikan ekonomi. Hal ini menandakan program MBKM ini kedepannya baik untuk terus dijalankan. Dan model evaluasi CSE-UCLA ini efektif untuk digunakan dalam mengevaluasi program MBKM.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | SARI |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 07:45 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 07:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76501 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |