STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DANAU TANGKAS KABUPATEN MUARO JAMBI

armando, dani (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DANAU TANGKAS KABUPATEN MUARO JAMBI. STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DANAU TANGKAS KABUPATEN MUARO JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (73kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

Danau Tangkas di Kabupaten Muaro Jambi memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata alam dengan keanekaragaman atraksi, mulai dari hutan Liontin yang unik hingga keberagaman fasilitas akomodasi yang terjangkau. Penelitian ini menganalisis kondisi Danau Tangkas dengan pendekatan deskriptif untuk merumuskan strategi pengembangan destinasi. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwasanya destinasi ini memiliki kekuatan internal yang cukup, seperti atraksi alam yang unik dan biaya terjangkau, meskipun dihadapkan pada kelemahan, seperti akses jalan yang rusak dan kurangnya sarana prasarana.Dalam menghadapi peluang eksternal, penelitian menyarankan penerapan strategi Strength-Opportunity (SO) yang melibatkan pengembangan wisata minat khusus, kerjasama dengan destinasi lain, dan pemanfaatan jaringan agen perjalanan. Dengan cara ini, Danau Tangkas bisa menarik wisatawan yang mencari pengalaman unik, meningkatkan kerjasama lintas destinasi, dan memperluas promosi.Pengunjung yang telah berwisata ke Danau Tangkas cenderung mencari pengalaman alam yang autentik dan kegiatan ekowisata. Karakteristik ini menjadi dasar yang kuat untuk mengarahkan upaya pemasaran dan pengembangan destinasi agar lebih sesuai harapan dan kebutuhan pengunjung. Oleh karena itu, strategi pengembangan harus fokus pada memaksimalkan kekuatan internal untuk merespons peluang eksternal. Kata kunci: Danau Tangkas, destinasi wisata, SWOT, pengembangan, kekuatan internal, peluang eksternal.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Armando
Date Deposited: 19 Mar 2025 06:32
Last Modified: 19 Mar 2025 06:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76535

Actions (login required)

View Item View Item