Firmansyah, Aditya Maulana (2025) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Meroda Pada Pembelajaran Senam Lantai Melalui Model Permainan Pada Siswa MTs Negeri 6 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
(SKRIPSI) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MERODA PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI MODEL PERMAINAN UNTUK SISWA MTs NEGERI 6 MUARO JAMBI_ADITYA MAULANA FIRMANSYAH_K1A120119-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (261kB) |
Abstract
Aditya Maulana Firmansyah. 2024 “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Meroda Pada Pembelajaran Senam Lantai Melalui Model Permainan Pada Siswa MTs Negeri 6 Muaro Jambi”. Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Wawan Junresti Daya, S.Si.,M.Pd., Pembimbing II Ely Yuliawan, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci: Permainan, Meroda, Senam Lantai. Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan bahwa siswa MTs Negeri 6 Muaro Jambi kelas IX D masih terdapat kekurangan dalam gerakan meroda pada pembelajaran senam lantai. Hal ini disebabkan karena siswa merasa bosan saat pembelajaran karena suasana yang monoton, Oleh karena itu siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajar meroda siswa. Karna pada saat saya melakukan tes gerakan meroda, siswa mendapatkan nilai kurang maksimal. Belum maksimalnya kemampuan gerakan meroda siswa diduga disebabkan oleh beberapa faktor,antara lain:kurangnya antusias siswa dalam pembelajaran, kurangnya suasana dalam pembelajaran, kurangnya strategi dalam pembelajaran, dan siswa merasa bosan saat pembelajaran senam lantai materi meroda Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahaui pengaruh dari model permainan terhadap kemampuan gerakan meroda siswa pada MTs Negeri 6 Muaro Jambi Desain dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang di setting kelompok. Pada desain ini melibatkan satu kelompok subjekpyang diteliti, yaitu dengan memberikan tes awal (pretest) terhadap sampel penelitian setelah itu diberi perlakuan dan dievaluasi dengan carapmemberikan uji siklus 1 dan 2. Sampel yang saya gunakan berjumlah 20 orang siswa kelas IX D MTs Negeri 6 Muaro Jambi. Hasil penelitian ini diperoleh nilai 45% siswa yang tuntas dan 55% siswa yang tidak tuntas. Pada siklus 1 diperoleh data 55% siswa yang tuntas dan 45% siswa yang tidak tuntas. Terjadi peningkatan setelah diberikan model permainan. Pada siklus 2 terjadi peningkatan yang signifikan, diperoleh nilai 90% ketuntasan siswa dan nilai 10% siswa yang tidak tuntas. Pada siklus 2 terjadi peningkatan yang signifikan dengan menggunakan model permainan dan siswa mulai antusias mengikuti Pelajaran. Berdasarkan hasil data yang diperoleh menggunakan metode Shapiro-Wilk, menunjukkan bahwa nilai signifikasi data selisih antara siklus 1 dengan siklus 2 sebesar 0,032 dan 0,015 data terdistribusi normal karena nilai signifikasi selisih siklus 1 dan siklus 2 tersebut lebih besar dari 0,05 (0,05). Hasil penelitian dapat diambil keputusan bahwa terdapat pengaruh model permainan terhadap kemampuan gerakan meroda siswa kelas IX D MTs Negeri 6 Muaro Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Permainan, Meroda, Senam Lantai. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan |
Depositing User: | FIRMANSYAH |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 04:24 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 04:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |