DEWI LESTARI, UMI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 34/I TERATAI. universitas jambi. (Submitted)
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (145kB) |
Abstract
ABSTRAK Lestari, Umi Dewi. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Negeri 34/I Teratai. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Syahrial., M.Ed., Ph.D, (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran search, solve, create, and share (SSCS). Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 34/I Teratai masih kurang dan perlu ditingkatkan. Hal ini terlihat ketika proses pembelajaran peserta didik belum mampu menganalisis permasalahan yang diberikan oleh guru, pemahaman yang dimiliki peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada saat proses kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS), instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dan lembar observasi aktivitas siswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Cara penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) pada saat proses pembelajaran yaitu pada tahap Seacrh guru menyediakan waktu untuk peserta didik mengumpulkan ide-ide yang akan dipecahkan, tahap Solve guru memberikan kesempatan kepada peserta didik mendiskusikan kegiatan untuk menjawab pertanyaan, tahap Create peserta didik mempersiapkan presentasi, tahap Share peserta didik mempresentasikan jawaban yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dapat meningkatkan proses kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam mata pelajaran IPA. Persentase keberhasilan kemampuan berpikir kritis pada siklus I pertemuan I sebesar 30,4% dan pertemuan II mengalami peningkatan sebesar 52,17%. Hasil siklus II pertemuaan I yaitu sebesar 65,21% dan pertemuan II mengalami peningkatan sebesar 82,60%. Berdasarkan temuan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan presentase keterampilan berpikir kritis peserta didik sudah mencapai 70% sehingga keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) mengalami peningkatan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | UMI DEWI LESTARI |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 06:43 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 06:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |