MENGUKUR INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DAN BENTUK PEMANFAATAN E-GOVERNMENT DI DISDUKCAPIL KOTA JAMBI

Nur Aini Larasati, Siti Munawwaroh (2025) MENGUKUR INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DAN BENTUK PEMANFAATAN E-GOVERNMENT DI DISDUKCAPIL KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text
Skripsi Siti Munawwaroh Nur Aini (H1A118084).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan e-government oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi, dan mengetahui hasil kepuasan masyarakat yang dihitung dengan metode Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dari PERMENPAN-RB Nomor 14 Tahun 2017 dengan menggunakan sembilan (9) unsur pelayanan. Penelitian ini dilakukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi, dengan menggunakan empat teknik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa ada tiga (3) program pelayanan dengan memanfaatkan e-government yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi yaitu SIAK, IKD, dan SIPADUKO. Selain mengetahui tentang pemanfaatan e-government diketahui juga bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Kantor Disdukcapil Kota Jambi adalah 3,22 dengan angka konveksi 80,46 dan berada di kategori mutu pelayanan baik. Dan diantara sembilan (9) unsur pelayanan, prasarana dan sarana pelayanan memiliki nilai IKM tertinggi yaitu 3,52 dengan nilai konveksi 88 dan berada di kategori mutu pelayanan baik, sedangkan biaya/tarif pelayanan memiliki nilai IKM terendah yaitu 1,39 dengan nilai konveksi 34,75 dan berada di kategori mutu pelayanan tidak baik. Saran penelitian ini berkaitan dengan penambahan tenaga kerja frontliner yang bertugas untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat yang hendak melakukan pelayanan, hal ini untuk menghindari kerepotan karena menghadapi masyarakat memiliki tujuan pelayanan yang berbeda. Kata Kunci : E-Government, Indeks Kepuasan Masyarakat

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Government, Indeks Kepuasan Masyarakat
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LARASATI
Date Deposited: 25 Mar 2025 06:47
Last Modified: 25 Mar 2025 06:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76644

Actions (login required)

View Item View Item