IMPLEMENTASI ADAPTASI TEKNOLOGI DALAM PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 8 DI SD NEGERI 12/I TERUSAN

Dzulqadri, Abraar (2025) IMPLEMENTASI ADAPTASI TEKNOLOGI DALAM PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 8 DI SD NEGERI 12/I TERUSAN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (307kB)
[img] Text
FULL_SKRIPSII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan dampak dari implementasi adaptasi teknologi dalam program kampus mengajar 8 di SD Negeri 12/I Terusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, serta studi dokumen. Subjek penelitian meliputi dengan mahasiswa kampus mengajar, kepala sekolah, guru dan peserta didik. Data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap perencanaan, mahasiswa Kampus Mengajar terlebih dahulu melakukan observasi di sekolah. Hasil dari observasi tersebut kemudian digunakan sebagai dasar dalam penyusunan kegiatan adaptasi teknologi, yang selanjutnya dimuat dalam Rencana Aksi Kolaborasi (RAK) dan disepakati bersama pihak sekolah. Tahap pelaksanaan adaptasi teknologi dibagi menjadi dua kegiatan utama. Pertama, mahasiswa Kampus Mengajar mengadakan pelatihan pembuatan media ajar interaktif berbasis Canva bagi guru, dengan tujuan meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi sebagai alat bantu pembelajaran. Kedua, penggunaan teknologi dalam kelas bagi peserta didik, salah satunya melalui Wordwall dan pemutaran film edukasi, untuk membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik. Dampak dari adaptasi teknologi ini terlihat pada guru dan peserta didik. Bagi guru, program ini membantu meningkatkan pemahaman sebagian guru terhadap teknologi serta menumbuhkan rasa percaya diri dalam menggunakannya dalam pembelajaran. Sementara itu, bagi peserta didik, adaptasi teknologi ini membuat peserta didik lebih bersemangat dalam belajar dan membantu peserta didik memahami materi dengan lebih baik. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan, implementasi adaptasi teknologi dalam program Kampus Mengajar di SD negeri 12/I Terusan memberikan kontribusi positif bagi sekolah, dengan meningkatkan pemahaman dan percaya diri sebagian guru dalam menggunakan teknologi serta menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan efektif bagi peserta didik. This study aims to describe the planning, implementation, and impact of the technology adaptation implementation within the Kampus Mengajar Batch 8 program at SD Negeri 12/I Terusan. A qualitative approach with a phenomenological design was employed. Data were collected through interviews, observations, and document analysis. The research subjects included Kampus Mengajar student participants, the school principal, teachers, and students. Data were analyzed using data reduction, data display, and conclusion drawing techniques. Data validity was ensured through source triangulation. The results of the study indicate that during the planning stage, Kampus Mengajar participants first conducted observations at the school. The findings from these observations were used as the basis for developing technology adaptation activities, which were then incorporated into a Collaborative Action Plan (RAK) and agreed upon with the school. The implementation stage of technology adaptation was divided into two main activities. First, Kampus Mengajar participants conducted a training session on creating interactive learning media using Canva for teachers, aimed at enhancing their skills in utilizing technology as a teaching aid. Second, technology was integrated into classroom learning for students, including the use of Wordwall and educational film screenings, to make the learning process more interactive and engaging. The impact of this technology adaptation was evident among both teachers and students. For teachers, the program contributed to improved understanding and confidence in using technology in teaching. For students, the adaptation fostered greater enthusiasm for learning and supported better comprehension of the subject matter. In conclusion, the implementation of technology adaptation in the Kampus Mengajar program at SD Negeri 12/I Terusan had a positive impact on the school, enhancing teachers' technological proficiency and confidence, while also creating a more engaging and effective learning environment for students.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Adaptasi Teknologi, Implementation, Technology Adaptation, Kampus Mengajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: DZULQADRI
Date Deposited: 09 Apr 2025 02:09
Last Modified: 09 Apr 2025 02:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76738

Actions (login required)

View Item View Item