Jahyus, Muhammad Ryan (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI PETA KEBHINEKAAN INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (573kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (450kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI MUHAMMAD RYAN JAHYUS.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (759kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui validitas dan praktis aplikasi peta kebhinekaan indonesia sebagai media pembelajaran interaktif pada muatan pendidikan pancasila untuk kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluastion). Subjek pada penelitian ini adalah dosen Universitas Jambi sebagai tim validasi ahli, guru dan siswa kelas IV SDN 12/1 Terusan serta dua sekolah perbandingan yakni SDN 110/1 Tenam dan SDN 182/1 Hutan Lindung sebagai uji praktis dan uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi peta kebhinekaan indonesia sebagai media pembelajaran interaktif pada muatan pendidikan pancasila untuk kelas IV sekolah dasar, dilihat dari segi kevalidan dan kepraktisan diperoleh dengan tingkat kevalidan pada aspek materi sebesar 100,00% dengan kategori sangat valid, pada aspek bahasa sebesar 78,33 % dengan kategori valid dan pada aspek media sebesar 95,38 % dengan katagori sanggat valid. Pada tingkat kepraktisan dilihat dari angket praktis oleh guru diperoleh sebesar 100,00 % pada SDN 182/1 Hutan Lindung, 100,00 % pada SDN 110/1 Tenam dan98,75 % pada SDN 12/1 Terusan. Total keseluruhan rata – rata skor praktis adalah sebesar 99,50% dengan kategori sangat praktis. Tingkat kepraktisan dari angket praktis oleh siswa diperoleh sebesar 95,00 % pada SDN 182/1 Hutan Lindung, 84,00 % pada SDN 110/1 Tenam dan 91,50 % pada SDN 12/1 Terusan. Total keseluruhan rata – rata skor praktis adalah sebesar 90,16% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi peta kebhinekaan indonesia sebagai media pembelajaran interaktif pada muatan pendidikan pancasila untuk kelas IV sekolah dasar sudah sanggat memenuhi kriteria valid dan praktis. This research aims to produce and determine the validity and practicality of an Indonesian diversity map application as an interactive learning medium for Pancasila education content for fourth-grade elementary school students. This research is a type of development research using the ADDIE model, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects in this research were lecturers from Jambi University as an expert validation team, teachers and fourth-grade students of SDN 12/I Terusan, as well as two comparison schools, namely SDN 110/I Tenam and SDN 182/I Hutan Lindung, for practicality testing and small group trials. The results of this research indicate that the Indonesian diversity map application as an interactive learning medium for Pancasila education content for fourth-grade elementary school students, in terms of validity and practicality, obtained a validity level of 100.00% in the material aspect (very valid category), 78.33% in the language aspect (valid category), and 95.38% in the media aspect (very valid category). In terms of practicality, as seen from the practicality questionnaires by teachers, the results were 100.00% at SDN 182/I Hutan Lindung, 100.00% at SDN 110/I Tenam, and 98.75% at SDN 12/I Terusan. The total overall average practicality score from teachers was 99.50% (very practical category). The practicality level from the practicality questionnaires by students was 95.00% at SDN 182/I Hutan Lindung, 84.00% at SDN 110/I Tenam, and 91.50% at SDN 12/I Terusan. The total overall average practicality score from students was 90.16% (very practical category). Thus, it can be concluded that the Indonesian diversity map application as an interactive learning medium for Pancasila education content for fourth-grade elementary school students very well meets the criteria of being valid and practical.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran Interaktif, Pendidikan pancasila, kebhinekaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | JAHYUS |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 02:09 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 02:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76740 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |