Uliartha Pasaribu, Cicilia (2025) Integrasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pjok Terhadap Peningkatan Self Efficacy Siswa SMP Negeri 30 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cicilia uliartha pasaribu full skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan halaman pengesahan.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka.pdf Download (172kB) |
Abstract
Cicilia Uliartha Pasaribu.2025. Integrasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PJOK Terhadap Peningkatan Self Efficacy Siswa SPN Negeri 30 Muaro Jambi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi : Pembimbing: (I) Dr. Alek Oktadinata, S.Pd.,M.Pd., (II) Mhd. Usni Zamzami Hasibuan, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : Self efficacy, Profil Pelajar Pancasila, Tolak Peluru Penelitian ini di lakukan SMP Negeri 30 Muaro Jambi yang beralamat di Jln. Pematang Gajah, Muaro Jambi, Jambi, Jambi Luar Kota Jambi, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Mendalo Darat, merupakan lokasi penelitian ini. Waktu penelitian berlangsung pada bulan Januari dan Februari 2025. Jenis penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Dalam penelitian kuantitatif, sumber data utama adalah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain-lain. Sampel penelitian ini terdiri dari remaja laki-laki dan perempuan dengan usia rata-rata 12,02 tahun dan standar deviasi 0,869. Hasil penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana profil pembelajar Pancasila diintegrasikan ke dalam pembelajaran PJOK terhadap self efficacy siswa. Dua kelompok digunakan dalam penelitian ini, yang menggunakan desain kelompok kontrol yang tidak ekuivalen. Kelompok eksperimen mengintegrasikan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kesulitan tugas (magnitude), kekuatan (strength), dan keumuman (generality) dan kelompok kontrol profil siswa non-Pancasila. Enam keterampilan yang membentuk profil mahasiswa Pancasila adalah “Beriman, mandiri, bekerja sama, berwawasan global, bernalar kritis, dan kreatif”. Pemilihan sampel pada penelitian ini menerapkan Teknik cluster random sampling. Unutuk memperoleh data self efficacy menggunakan instrument angket self efficacy dan analisis data memanfaatkan independent t test dan paired t test. Temuan hipotesis (1) Hipotesis satu (2) hipotesis dua (3) Hipotesis tiga. Hasil uji t sampel paired secara signifikan meningkatkan hasil belajar memiliki signifikan 0,008 dimana probabilitas (Sig) < 0,05.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self efficacy, Profil Pelajar Pancasila, Tolak Peluru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan |
Depositing User: | PASARIBU |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 01:10 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 01:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |