Hubungan Literasi Kesehatan Dengan Pengetahuan Kedokteran Keluarga Pada Tenaga Kependidikan Universitas Jambi

Farhan, Sanni Muhammad (2025) Hubungan Literasi Kesehatan Dengan Pengetahuan Kedokteran Keluarga Pada Tenaga Kependidikan Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (84kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang. Literasi kesehatan didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengetahui, memahami, mengevaluasi, dan menerapkan informasi yang dikaitkan dengan kesehatan dari proses berpikir yang bereaksi terhadap suatu kasus, serta pengalaman saat mengalami kejadian yang berhubungan dengan kesehatan. Literasi kesehatan masih menjadi isu dan kegagalan literasi kesehatan juga relevan bagi profesional kesehatan yang menjelaskan mekanisme pencegahan penyakit. Kedokteran keluarga adalah ilmu yang mempelajari dinamika kehidupan keluarga di lingkungan, dampak kesehatan dan genetika pada fungsi keluarga, dampak fungsi keluarga pada kejadian, perkembangan penyakit dan masalah kesehatan keluarga, dan mengisyaratkan pendekatan kesehatan untuk pemulihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara literasi kesehatan dengan pengetahuan kedokteran keluarga pada tenaga kependidikan universitas Jambi. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan desain cross sectional menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada tenaga kependidikan di universitas Jambi dengan total sampel sebanyak 253 responden. Analisis yang digunakan adalah chi-square. Hasil. Literasi kesehatan (83,4%) Sangat Baik dan kedokteran keluarga (84,6%) Baik. Analisis menggunakan chi-square diperoleh variabel literasi kesehatan (0,001) dengan pengetahuan kedokteran keluarga pada tenaga kependidikan universitas Jambi. Kesimpulan. Tingkat literasi kesehatan sangat baik, pengetahuan kedokteran keluarga baik, terdapat hubungan yang bermakna antara literasi kesehatan dengan pengetahuan kedokteran keluarga. Background. Health literacy is defined as the ability to know, understand, evaluate and apply information related to health from thought processes that react to a case, as well as experiences when experiencing health-related events. Health literacy remains an issue and health literacy failures are also relevant for health professionals explaining disease prevention mechanisms. Family medicine is the science that studies the dynamics of family life in the environment, the impact of health and genetics on family functioning, the impact of family functioning on the occurrence and development of disease and family health problems, suggests health approaches to recovery. The aim of this research is to determine the relationship between health literacy and knowledge of family medicine among education staff at Jambi University. Method. This research is an analytical research using a cross sectional design using a questionnaire. This research was conducted on educational staff at Jambi University with a total sample of 253 respondents. The analysis that used is chi-square. Result. Health literacy (83.4%) excellent and family medicine (84.6%) good. Analysis using chi-square obtained the health literacy variable (0.001) with knowledge of family medicine in Jambi University education staff. Conclusion. The level of health literacy is very good, knowledge of family medicine is good, there is a significant relationship between health literacy and knowledge of family medicine

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Literacy, Health Literacy, Family Doctor, Family Medicine Knowledge
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Kedokteran
Depositing User: Farhan
Date Deposited: 10 Apr 2025 06:37
Last Modified: 10 Apr 2025 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76832

Actions (login required)

View Item View Item