Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Menarik Minat Belajar Siswa SMA pada Materi Prinsip-prinsip Kimia Hijau

Kurnia, Kurnia (2025) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Menarik Minat Belajar Siswa SMA pada Materi Prinsip-prinsip Kimia Hijau. S1 thesis, Universitas jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (31kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI_KURNIA A1C121027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Video merupakan media audio visual yang menampilkan gambar dan suara. Video pembelajaran menyajikan materi, informasi dan menjelaskan konsep-konsep yang rumit kepada siswa dengan lebih menarik. Video pembelajaran ini dialurkan dengan menggunakan pendekatan berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran berbasis masalah menurut validasi ahli materi dan ahli media, mengetahui penilaian guru serta respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Lee & Owens yang terdiri dari tahap analisis (analysis), Desain (design), pengembangan (development), implementasi (Implementation) dan evaluasi (evaluation). Produk pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru bidang studi kimia yang setelahnya diuji cobakan pada kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 87,8% dengan kualifikasi sangat layak dari dua ahli materi, 87,8% dengan kualifikasi sangat layak dari dua ahli media dan 96% dengan kualifikasi sangat baik dari guru bidang studi kimia. Sementara itu, pada uji coba kelompok kecil, video pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90,5% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai salah satu media dalam proses pembelajaran kimia

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, PBL, Minat Belajar, Kimia Hijau
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Kurnia
Date Deposited: 11 Apr 2025 01:58
Last Modified: 11 Apr 2025 01:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76896

Actions (login required)

View Item View Item